[AWS] AWS Educate dan Cara membuat Instances di AWS Educate. - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[AWS] AWS Educate dan Cara membuat Instances di AWS Educate.

Share This



Assalamualaikum.Wrb.

Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas tentang platform yang sering di pakai di para pelajar apalagi di era Covid seperti ini yaitu AWS Educated atau Amazon Web Service.

AWS itu apasih?

AWS atau Amazon Web Services adalah sekumpulan layanan-layanan berbasis Cloud Computing yang di sediakan oleh Amazon sejak tahun 2002. Meskipun salah satu perusahaan raksasa internet ini sering kita kenal untuk membeli buku dan lagu, tetapi sekarang Amazon telah menambah layanannya dalam hal infrastrutktur cloud computing. 

Amazon Web Services ini menyediakan layanan-layanan nya yang saling terintegrasi dan mudah kustomisasi. Pada tahun 2006, amazon mengenalkan Amazon’s Elastic Compute cloud (EC2) sebagai commercial web service yang menyediakan akses cloud kepada perusahaan dan individu untuk menyewa komputer storage yang bisa digunakan sebagai platform pengembangan aplikasi secara online, inilah awal dari IaaS, yaitu perusahaan yang menyediakan infrastruktur sebagai sebuah layanan.

Layanan Komputasi 

Layanan ini di khususkan untuk memberi infrastruktur untuk pengguna yang ingin menggunakan Amazon untuk melakukan komputasi seperti server atau clustered server. Di mana server-server tersebut disebut instance. 

  • Amazon Elastic Compute Cloud (EC2) adalah platform komputasi berupa virtual computer yang dapat di kustomisasi maupun di kembangkan dengan menggunakan prinsip cluster dan load balance. 
  • Amazon Elastic Map Reduce adalah layanan yang membantu dalam analisis data seperti data penjualan, data stock, data server log dan lain-lain. Yang kemudian data-data tersebut dapat di konversikan menjadi sebuah hasil analisis yang dapat digunakan dalam sistem pengambil keputusan. 
  • Elastic Load Balancing adalah layanan yang menjadi satu paket dengan Amazon EC2, di mana layanan ini berfungsi untuk menyeimbangkan beban antara instance-instance yang kita miliki dalam Amazon EC2.
Manfaat Amazon Web Services 
  1. Amazon Web Services menyediakan layanan infrastruktur kunci bisnis dunia yang bermanfaat untuk membangun bisnis perusahaan dan sebagai akses penawaran produk dari suatu perusahaan ke perusahaan lain. 
  1. Amazon Web Services juga menyediakan layanan cloud computing sehingga pengguna dapat menyimpan data secara permanen di dalam server di internet. 
Kelebihan Amazon Web Services 
  1. Aman. Amazon Web Services menyediakan kontrol akses untuk memastikan topik dan pesan dijamin terhadap akses yang tidak sah 
  1. Fleksibel. Amazon Web Services dapat diakses di mana saja dan kapan saja. 
  1. Efisiensi waktu dalam bisnis. Perusahaan-perusahan akan lebih dimudahkan dalam melakukan jual beli dengan menggunakan Amazon Web Services. 
Kekurangan Amazon Web Services 
  1. Harga produk yang ditawarkan perusahaan tidak dapat ditawar-tawar 
  1. Barang yang ditawarkan tidak sebanding dengan yang asli
(Sumber :https://id.wikipedia.org/wiki/Amazon_Web_Services)

Bahan yang diperlukan:

1.Putty









Berikut Konfigurasinya:

A. Aktivasi Akun (Accaount Activation)

Kita melakukan aktivasi ini itu setelah kita mendaftarkan atau sudah didaftarkan ke dalam AWS Educated, disini hanya aktifkan akun yang sudah didaftarkan yah bukan membuat akun baru dan disini saya sudah dibuatkan akun oleh guru saya.

Pertama kita masuk ke web aws berikut linknya awseducate.com > kita klik di tulisan Masuk ke AWS Educate yang berada di bawah tombol Bergabung dengan AWS Educate.



Masukan email dan password yang sudah ditentukan sebelumnya atau yang sudah di daftarkan > klik Masuk.

Ini adalah tampilan dashboard dari AWS Educate > kita klik tombol AWS Account untuk memulai aktivasi.

Klik tombol yang berwarna orange dengan bertuliskan Create Starter Account.


Klik tulisan berwarna biru yang bertuliskan Click here to refresh yang berarti kita akan refresh halaman atau kalian bisa refresh halaman secara manual.


Klik tombol berwarna orange dengan bertuliskan AWS Educate Starter Account.


Akan muncul EULA > scroll hingga sampai bawah dan klik tombol I agree yang berarti kita telah menyetujuinya.

Maka akun kalian sudah diaktivasi dan memiliki akses full yah, untuk mengeceknya kalian bisa lihat di tanda yang sudah saya berikan kalo akun kalian sudah aktive.



B. Membuat Instances di AWS Educate

Pertama kita akan membuat Instances atau bisa disebut VM yah > kita klik tombol AWS Console.

Klik pada menu EC2.

Klik di menu instances > klik Launch Instances.


Kita pilih OS (Operasi System) yang ingin kita gunakan > disini saya memilih OS ubuntu 18.05 LTS yah > klik install.

Pada bagian ini klik tombol Next Configure.


Dan bagian ini kita biarkan saja > klik Next add storage.


Untuk size di OS yang kalian pilih kalian bisa mengubahnya, eh tapi jangan ubah terlalu banyak karena kapasitas Disk yang besar itu membutuhkan credit yang besar juga jadi saya sarankan gunakanlah kapasitas disk sesuai kebutuhan kalian saja dan jika kalian ingin mengubah disknya AWS bisa mengubah kapanpun karena AWS bersifat fleksibel ini juga merupakan keunggulan AWS.Saya beri untuk OS ubuntu yang saya gunakan sebesar 8 GB > klik Next Tags.

Tambahkan Tag supaya kita mudah untuk mengenali mesin yang kita gunakan, untuk menambahkan tag kalian bisa klik add tag > kita beri nama untuk OS ubuntunya > klik Next Configure.

Pada security Groupnya kita beri akses HTTP, ICMP IPv4 dan HTTP > klik Review and Lauch.


Kita baca kembali spesifikasi yang sudah kita configure sebelumnya, jika sudah yakin kita bisa klik tombol Launch.

Buat Key-Pair supaya kita bisa meremot ke dalam putty > kita pilih opsi Create a new key pair yang berarti kita akan membuat keypair baru > kita berikan nama keypair sesuka hati > klik Download key pair.


Jika sudah mendownload kita bisa klik tombol Launch Instances.


Kita bisa melihat kalau Instances sudah terbuat.


 

C. Remote AWS dengan Putty

Pertama kita copy kan public DNS si mesin instances yang sudah dibuat sebelumnya.


Kita buka software Puttygen yah.


klik tombol load.


Pilih type all files (*.*) > klik key pairnya > klik Open.


Jika sudah berhasil load keypairnya > kita simpan dalam format .ppk kenapa kita harus format lagi dalam bentuk .ppk? karena format .pem tidak bisa digunakan sebagai key dalam putty > klik Save Private key.


Klik yes, disini memberitahu bahwa tidak ada passphrase yang mengamankan kunci tersebut.


Taruh file di tempat penyimpanan yang kita inginkan dalam format .ppk > klik save.


Maka file dalam format .ppk sudah terbuat.


Kita buka putty biasa > pastekan public DNS nya.


kita masukan Privatekey yang barusan dibuat dalam format .ppk di Auth (private key) > kita klik open.


Klik tombol Yes.


Login dengan default user yaitu Ubuntu.



E. Terminate (Hapus) Instances.

Jika mesin sudah tidak dipakai sebaikanya kita stop mesinnya, karena setiap mesin jalan dan kita tidak memakainya karena itu akan memakan credit kalian jika dibiarkan credit kalian bisa habis.Dan jika tidak diperlukan sebaiknya di terminate atau di hapus.

Pertama kita klik kanan pada mesin yang ingin di terminate > pilih Opsi Instances state > pilih opsi terminate.Karena disini saya sudah tidak butuh mesinnya kita pilih terminate yang berarti kita hapus atau buang mesinnya.


Verifikasi untuk membuang mesinnya > jika yakin ingin membuang klik tombol Yes, Terminate.

Maka tunggu hingga status sudah Terminate, jika sudah maka mesin sudah tidak ada lagi dan credit akan aman dari pengurangan.


Oke itu saja Pembahasan AWS Educate, bila ada yang ingin ditanyakan tentang AWS bisa coment di bawah yah sekian dari saya Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode