[CLOUD] Installasi dan Konfigurasi Nextcloud di Server Ubuntu 18.04. - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[CLOUD] Installasi dan Konfigurasi Nextcloud di Server Ubuntu 18.04.

Share This
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas Installasi Nextcloud di server Ubuntu 18.05.


Untuk penjelasan tentang Nextcloud kalian bisa melihat postingan blog saya sebelumnya yaitu linknya: https://muhyial20.blogspot.com/2020/03/cloud-apa-itu-nextcloud-beserta.html,oke untuk memulai installasi pastinya kalian sudah memasang Ubuntu Server yah hehe.. 

Berikut Konfigurasinya:
Pertama kita install dependensi yang diperlukan,disini saya akan menggunakan Nextcloud dengan Apache dan MySQL.Untuk menginstall dependensi kalian bisa masuk ke terminal Ubuntu Server,dan masukan perintah sudo apt-get install apache2 php7.2 bzip2 > tekan y.
Jika sudah kita masukan perintah sudo apt-get install libapache2-mod-php php-gd php-json php-mysql php-curl php-mbstring > tekan y.
Berikutnya masukan perintah sudo apt-get install php-intl php-imagick php-xml php-zip > tekan y.
Selanjutnya masukan perintah sudo apt-get install mysql-server php-mysql > tekan y.
Membuat Database.
Kemudian kita akan membuat database,sebelum kita membuatnya kita perlu mengunci installasi MySQL dengan perintah sudo mysql_secure_installation > jika sudah kalian akan diminta untuk membuat sandi root > setelah kalian menjawab "y" untuk pertanyaannya > sekarang MySQL sudah diamankan,dan sekarang kita bisa membuat data base dengan aman hehe.
Untuk membuat database kita bisa masukan perintah berikut :
1.sudo mysql -u root -p
2.CREATE DATABASE nextcloud;
3.CREATE USER 'nextcloud'@'localhost' IDENTIFIED BY 'password';
4.GRANT ALL PRIVILEGES ON nextcloud.* TO 'nextcloud'@'localhost';
5.FLUSH PRIVILEGES;
6.exit.
Download dan Ekstrak Nextcloud.
Untuk tahap ini adalah tahap installasi > hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh file Nextcloud resmi,masuk keterminal kita jalankan perintah untuk mengunduh file,kita masuk ke directory untuk mengunduh file nextcloud dengan perintah cd /var/www/html/.Jika sudah masuk kita akan mengunduh filenya dengan perintah sudo wget https:/download.nextcloud.com/server/releases/nextcloud-16.0.0.tar.bz2 -o nextcloud-16-latest.tar.bz2.
 
Jika sudah terdownload kita akan me-ekstrak filenya dengan perintah : tar -xvjf nextcloud-16-latest.tar.bz2.
 
Selanjutnya kita akan berikan file izin yang tepat dengan perintah :  sudo chown -R www-data:www-data nextcloud.
Konfigurasi Apache.
Pada tahap ini kita akan konfigurasi server web apache.Kita harus membuat file Apache.conf baru dengan perintah :  sudo nano /etc/apache2/sites-available/nextcloud.conf.Jika sudah masuk kalian pastekan perintah dibawah ini :
Alias /nextcloud "/var/www/html/nextcloud/"
<Directory /var/www/html/nextcloud/>
        Options  +FollowSymlinks
        AllowOverride All
            <IfModule mod_dav.c>
                Dav off
            </IfModule>

          SetEnv HOME /var/www/html/nextcloud
        SetEnv HTTP_HOME /var/www/html/nextcloud
<Directory>
 
Jika sudah kita simpan dan tutup filenya > Kita akan Aktifkan situs dan modul Apache2 yang diperlukan masukan perintah : sudo s2ensite nextcloud dan sudo a2enmod rewrite headers env dir mime.
Konfigurasikan batas memori PHP dengan perintah : sudo sed -i '/^memory_limit =/s/=.*/=512M/' /etc/php/7.2/apache2/php.ini.Jika sudah kita akan restart Server Apachenya dengan perintah sudo systemctl restart apache2.
Finish Installasi.
Kalian bisa mengarahkan browser kalian ke http://Server_IP/nextcloud ( dimana SERVER_IP adalah alamat IP dari hosting kalian) dan selesaikan Instllasi.Kalian harus membuat pengguna admin / kata sandi serta mengisi informasi basis data yang diperluka (pengguna basis data/kata sandi,nama basis dan host basis data.
Inilah adalah tampilan Folder Home dari Nextcloud.
Oke itu saja Cukup mudah bukan hehe,sekian dari saya bila ada yang ingin ditanyakan bisa coment di bawah,Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode