[CLOUD] Installasi dan Konfigurasi Owncloud di Ubuntu Server 18.04 - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[CLOUD] Installasi dan Konfigurasi Owncloud di Ubuntu Server 18.04

Share This
 
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas seputar Server ya yaitu Installasi Owncloud di Ubuntu Server 18.05.

Untuk penjelasan tentang Owncloud kalian bisa melihat di postingan blog saya sebelumnya yah,atau kalian bisa klik link ini https://muhyial20.blogspot.com/2020/03/cloud-apa-itu-owncloud-beserta-fungsinya.html oke langsung saja kita masuk ke taha konfigurasi.

Berikut konfigurasinya:
Install Owncloud di Ubuntu Server 18.05 LTS.
Sebelum menginstall owncloud,kalian harus menginstall fitur pendukungnya seperti Apache,MySQL dan PHP.
Install Apache HTTP Server.
Untuk awal kita akan memperbarui repository sistem dari server Ubuntu,dengan masukan perintah apt-get update.
Menginstall Apachenya dengan masukan perintah apt-get install apache2 > tekan y.
Biasanya setelah menginstal apache dia akan menjalankan secara otomatis untuk memastikannya kita akan melihat nya dengan perintah sudo systemctl status apache2.service.
Jika layanan apache kalian belum mulai atau belum active kalian bisa memulai layanannya dengan perintah sudo systemctl start apache2.Jika sudah kita akan aktfikan apache pada boot sistem kita dengan masukan perintah sudo systemctl enable apache2.
Kita akan menginzinkan port apache dari Firewall Ubuntu dengan masukan perintah sudo ufw allow 80/tcp dan sudo ufw allow 443/tcp.
Kita restart firewall nya dengan perintah sudo ufw reload dan kita periksa apakah firewall kita aktif atau gknya dengan masukan perintah sudo ufw allow status.
Untuk memeriksa apakah web apache kita telah bekerja atau blm kita bisa masuk ke browser dan ketikan pada url alamat ip kita contohnya http://ip_server/.
Jika sudah melihat halaman apache berarti,server apache sudah terinstall dengan baik.
Install MySQL.
Kita akan memulai dengan versi MySQL yang tersedia dengan masukan perintah sudo apt-cache policy mysql-server.
Jika kita lihat ada versi baru yang tersedia,kita akan menginstallnya dengan masukan perintah sudo apt-get install mysql-server mysql-client.
Kita amankan Installasi MySQL dengan masukan perintah sudo mysql_secure_installation.
Untuk menjawab pertanyaan kalian bisa ketikan y sesuai kebutuhan kalian atau jika tidak butuh kalian bisa ketik n.

Sekarang seharusnya kalian sudah terinstall dan terpasang MySQL nya untuk mengaksesnya kalian bisa masukan perintah sudo mysql -u root -p.
Install PHP.
Sebelum melakukan installasi kita harus mengecek versi php yang tersedia dan kemudian kita akan menginstallnya dengan masukan perintah sudo apt-cache policy php.
Kita install php masukan perintah sudo apt-get install php php-cgi libapache2-mod-php php-common php-pear php-mbstring php-mysql php-curl php-json.
Install Owncloud.
kita akan menambahkan repostory owncloud ke ubuntu dengan masukan perintah sudo wget https://download.owncloud.org/download/repositories/production/Ubuntu_18.04/Release.key -O Release.key. dan masukan perintah sudo apt-key add - < Release.key.
Dan kita akan menambahkan repositorynya dengan perintah sudo echo 'deb http://download.owncloud.org/download/repositories/production/Ubuntu_18.04/ / ' | sudo tee /etc/apt/source.lists.d/download.list.
Jika sudah kita update repositorynya dengan masukan perintah sudo apt-get update.
Kita akan menginstall paket tambahan PHP untuk Ubuntu dengan masukan perintah sudo apt install php-bz2 php-curl php-gd php-imagick php-intl php-mbstring php-xml php-zip.
Berikutnya kita install paket untuk Owncloudnya masukan perintah sudo apt-get install owncloud-files.
Pada Umumnya paket server yang kalian install akan otomatis menyalin web ke"var/www/owncloud di server.
Konfigurasi Apache dengan SSL.
Sekarang kita akan membuat host virtual di owncloud,sebelumnya kita buat folder untuk SSL nya dengan masukan perintah sudo mkdir /etc/apache2/ssl aktifkan modul ssl dengan perintah sudo a2enmod ssl dan kita restart apache dengan perintah sudo systemctl restart apache2.
Kita salin sertifikat SSL ke folder /etc/apache2/ssl dan buat virtual hostnya dengan masuka kedirectory sudo nano /etc/apache2/sites-available/fosslinuxowncloud.com.conf. jika sudah masuk kalian bisa pastekan perintah ini ke folder tersebut.
 <VirtualHost *:80>
    ServerName fosslinuxowncloud.com
    ServerAlias www.fosslinuxowncloud.com
    ServerAdmin webmaster@fosslinuxowncloud.com
    DocumentRoot /var/www/owncloud

<Directory /var/www/owncloud>
        Options -Indexes +FollowSymLinks
        AllowOverride All
    </Directory>
    ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/fosslinuxowncloud.com-error.log
    CustomLog ${APACHE_LOG_DIR}/fosslinuxowncloud.com-access.log combined
</VirtualHost>
Jika sudah kita periksa sintaks filenya dengan perintah sudo apachectl -t dan jika kalian mendapatkan pesan systak ok gunakan perintah ini untuk menonaktfikan host virtual defaultnya masukan perintah sudo a2dissite 000-default.conf.dan masukan perintah sudo a2ensite fosslinuxowncloud.com.conf perintah ini untuk mengaktifkan host virtual baru.
Konfigurasi MySQL Database untuk Owncloud.
Kita akses MySQL nya dengan masukan perintah sudo mysql -u root -p,disini kita akan membuat database dan masukan nama sesuka kalian masukan perintah create database fosslinuxowncloud; > kita buat pengguna DB dan kita berikan hak istimewa dengan masukan perintah create user 'owncloud'@'localhost' identified BY 'password'; dan grant all privileges on fosslinuxowncloud.* to ownclouduser@localhost; dan berikan hak istimewa flsuh dengan masukan perintah flush privileges; dan keluar masukan perintah exit.
Konfigurasi Owncloud.
Buka web browser dan masukan alamat ini http://IP_server/Domain name/ untuk melakukan konfigurasi pada owncloud.Disini kalian akan membuat akun admin dan masukan passwordnya tanpa harus mengubah data folder sedikit pun dan untuk kolom konfigurasi database masukan saja nama,db user yang tadi kalian buat pada tahap konfigurasi database.
Ini adalah tampilan awal dari si Owncloud.
Oke itu saja cukup mudah bukan hehe bila ada yang ingin di tanyakan bisa coment dibawah sekian dari saya Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode