[Proxmox] Installasi Proxmox-ve_6.0-1 - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[Proxmox] Installasi Proxmox-ve_6.0-1

Share This
 
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas berkaitan dengan server yap...yaitu Installasi Server Proxmox.

Server Proxmox apa sih?
Proxmox VE merupakan kependekan dari Proxmox Virtual Environment ada juga yang mengingkat menjadi PVE. Pengertian dari Proxmox VE adalah suatu platform virtualisasi yang stabil, lengkap, memiliki team support yang baik dan masuk di kelas virtualisasi enterprise. Proxmox ini merupakan proyek open source, dibangun dari Linux Debian. Proxmox VE akan melakukan manajeme container, virtual machine, storage, jaringan virtual, high availability cluster melalui antar muka web dan dapat juga menggunakan command line.

Berikut Konfigurasinya:
Pertama kita pilih Install Proxmox VE untuk memulai Installasinya.
Jika sudah kita klik I Agree Untuk menyetujui segala ketentuan yang diberikan si Proxmox.
Disini akan ada pilihan hardisk yang ingin di install,jika kalian ada 2 hardisk atau bisa pilih 1 hardisk saja > klik next.
Untuk Negara kita atur negara asal kita kalau saya Indonesia otomatis timezonenya akan berubah sendiri sesuai negara yang kalian pilih > klik next.
Kita masukan password untuk login nanti baik CLI atau GUI proxmox dan email administrator Proxmox yang akan bertanggung jawab untuk login sebagai supervisor > klik next.
Kita akan memberikan hostname ingat ya untuk hostname bebas asalkan depannya harus diawali pve,dan masukan IP, DNS agar nanti bisa di console dengan GUI atau CLI > klik next.
Jika settingan kalian sudah yakin kalian langsung klik install tapi jika blm kalian bisa kembali.
Oke untuk installasinya cukup memakan waktu lama...kalian bisalah bikin kopi atau makan duluu sambil nunggu installasi selesai hehe.
Jika sudah selesai kalian reboot dan jangan lupa hardisk dan media boot Proxmox VE kalian lepas yah.
Kita akan masuk ke Tampilan GUI web Proxmox, dengan ketikan di url https://ip_server:8006/,Jika muncul tampilan seperti ini kalian klik saja lanjutkan dan menerima resikonya.
Oke kita akan memasukan usernamenya dengan root dan passwordnya yang sudah dibuat tadi > klik login.
Ini merupakan tampilan GUI si Proxmox.
Oke itu saja yang bisa disampaikan cukup mudah bukan hehe, sekian dari saya bila ada yang ingin ditanyakan bisa coment di bawah Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode