[IPv6] IPv6 Address Debian GNU/Linux - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[IPv6] IPv6 Address Debian GNU/Linux

Share This
 
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.pada postingan ini saya akan membahas tentang IPv6...hayoo pasti kalo denger kata IPv6 bawaannya pasti susah, pasti bikin pusing hehe...gk kok tenang ajh.Pada zaman sekarang IPv6 itu sudah banyak di luaran sana di negara negara maju, tetapi negara saya Indonesia ini sangat kurang perkembangannya tentang IPv6 masih banyak menggunakana IPv4.Makanya disini saya akan memberikan tutorial Cara menggunakan IPv6 address di Debian Linux.Disini saya menggunakan debian 9.

IPv6 itu apa sih?
IPv6 atau Internet Protocol Version 6 ini merupakan protokol internet generasi baru yang ingin menggantikan protokol versi sebelumnya yait IPv4,IPv6 dikembangkan oleh Internet Engineering Task Force(IETF).

Tujuannya apa sih?
IPv6 ini bertujuan untuk menggantikan IPv4,yang mana ruang alamat IPv4 ini hanya 32 bit.Sedangkan paket Link Layer pada IPv6 harus mendukung ukuran paket 1280 byte dan harus bisa menyusun kembali paket yang berukuran 1500 byte.

Berikut Konfigurasinya:
Pertama disini saya akan menggunakan IPv6 addressnya adalah fdec:cfde:aded::20/64.Kok IPv6 fdec:cfde:aded::20 ?? bukannya ipv6 itu ada 8 blok yah??yap...memang 8 blok tetapi disini saya menggunakan teknik compressed atau menyingkatnya jadi singkat jadi sebenernya IPv6nya yaitu fdec:cfde:aded:0000:0000:0000:0000:0020 jadi nanti dipostingan blok saya akan belajar kompres ipv6 yah tunggu hehe...Kita masuk dan edit di bagian /etc/network/interfaces,jika sudah masuk kita tambahkan ipv6nya dengan static,maka masukan seperti gambar dibawah ini yang telah di tandai yah.
Jika sudah kita restart supaya yang baru kita edit dapat running atau bekerja dengan perintah /etc/init.d/networking restart.
Kita cek apakah ip kita sudah berubah atau belum,masukan perintah ip a untuk mengeceknya.
Sekarang kita masuk ke client > kita atur networknya supaya saling terhubung.
Pengujian disini kita akan uji dengan Ping ke IP server nya,ternyata Reply berarti IPv6 nya sudah berhasil.
Oke itu saja cukup mudah bukan hehe,sekian dari saya bila ada yang ingin ditanyakan bisa cometn di bawah Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode