[IPv6] Konfigurasi DNSv6 Debian GNU/Linux. - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[IPv6] Konfigurasi DNSv6 Debian GNU/Linux.

Share This
 
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Di postingan ini saya masih akan membaha soal IPv6 hehe,yaitu Cara membuat DNS menggunakan IPv6 address loh..penasaran kan hehe yuk simak!.

Pastikan kalian sudah menerapkan IPv6 address di debian jika kalian blm tau kalin bisa liat postingan saya sebelumnya atau bisa klik link berikut https://muhyial20.blogspot.com/2020/03/ipv6-ipv6-address-debian-gnulinux.html disini saya menggunakan IPv6 addressnya fdec:cedf:aded::20.

Berikut Konfigurasinya.
Pertama kita install paket yang diperlukan untuk  membangun DNS server di Linux yaitu paket bind9,masukan perintah apt-get install bind9 > tekan y.
Jika sudah kita akan masuk ke directory bind masukan perintah /etc/bind/ > kita akan meng copy konfigurasi local domain serta local ipnya dengan masukan perintah cp db.local db.domain && cp db.127 db.ip > berikutnya kita edit file named.conf.local.
Kita akan menggunakan domain networkingindonesia.com yaitu domain blog saya sendiri hehe...domain networkingindonesia.com akan diintergrasikan dengan IP fdec:cedf:aded::20 jadi input yang akan dimasukan di file ip6.addr.arpa adalah f.d.e.c.c.e.d.f.a.d.e.d.2.0 kita arahkan file ke penempatan yang sudah disiapkan sebelumnya.
Kita edit file di db.domain,disini kita akan edit dan kita tambahkan domain serta IPv6 dan subdomainnya ehh pastikan AAAA atau catatan alamat IPv6 memetakan sebuah nama host ke alamat IP 128-bit(untuk IPv6).Disini saya membuat subdomain dengan CNAME atau catatan nama kanonik membuat alias untuk nama domain.Domain yang di beri nama alis memiliki seluruh subdomain dan record DNS seperti yang aslinya.
Jika sudah kita edit lagi di file db.ip sama seperti sebelumnya disini saya hanya sedikit berbeda,masukan Hektet terakhir dari IPv6 yaitu IPv6 saya adalah fdec:cedf:aded::20 otomatis hektet saya adalah 20 intergrasikan dengan domain serta subdomain lainnya.
Kita tambahkan IP server kita,agar ter Resolv DNS Server yang kita buat.Jadi kita edit /etc/resolv.conf kita isikan IPv6 Server yang digunakan untuk DNS.
Jika sudah kita restart dengan masukan perintah /etc/init.d/bind9 restart.
Untuk pengujiannya kita akan menggunakan perintah nslookup,kita cek apakah menggunakan CNAME untuk alias/subdomain kalian,dan ternyata berhasil yeee...
Oke itu saja cukup mudah bukan hehe,bila ada yang ingin ditanyakan bisa coment dibawah sekian Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode