[TLJ] Proses Komunikasi Data dalam Jaringan - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[TLJ] Proses Komunikasi Data dalam Jaringan

Share This
Assalamualaikum.wrb

Hay guys kembali lagi di blog saya ,selamat pagi/siang/sore/malam sesuai anda yang menjawabnya.Pada kali ini saya akan memberi sedikit ilmu saya yang baru saya pelajari yaitu Proses Komunikasi Data dalam Jaringan .Oke di mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan ini banyak sekali materi untuk membahas proses komunikasi data dalam jaringan,langsung saja kita masuk bahasan materi :

 
TUJUAN: Mengetahui apa saja yang ada di komunikasi data dalam jaringan.

MANFAAT: Tau akan komunikasi data dalam jaringan.


  • Definisi Jaringan Komputer

Hasil gambar untuk logo jaringan komputer


Jaringan komputer adalah dua atau lebih komputer yang terhubung satu sama lain dan digunakan untuk berbagi data. Jaringan komputer dibangun dengan kombinasi hardware dan software.
Untuk membuat jaringan komputer, switch dan router menggunakan berbagai protokol dan algoritma untuk bertukar informasi dan untuk membawa data ke titik akhir yang diinginkan. Setiap titik akhir (kadang disebut host) dalam jaringan memiliki pengenal unik, sering kali alamat IP atau alamat Media Access Control yang digunakan untuk menunjukkan sumber atau tujuan transmisi. Endpoint dapat mencakup server, komputer pribadi, telepon, dan berbagai jenis hardware jaringan.
Topologi jaringan komputer di kategorikan ke dalam tipe dasar,berikut:
  • Bus (bis)
  • Ring (cincin)
  • Star (bintang)
  • Tree (pohon)
  • Mesh (jala)
Jenis-Jenis jaringan komputer:
  1. LAN(Local Area Network)
  2. MAN(Metropo Area Network)
  3. WAN(Wide Area Network)
  4. PAN(Personal Area Network)
Itu merupakan definisi dari jaringan komputer.

  • Jaringan Komputer Berdasarkan Area
Jenis-jenis jaringan komputer yang satu ini dikenal sebagai jenis komputer yang dihitung dari berdasarkan, skala, jarak maupun geografisnya. Maka dari itu, jaringan komputer ini harus dihubugkan berdasarkan cakupan areanya. 

1.PAN atau Personal Area Network.
PAN
PAN atau singkatan dari Personal Area Network ini merupakan jaringan komputer yang transmisi datanya antara perangkat pribadi saja seperti tablet, komputer, handphone, konsol game dan lain sebagainya. PAN ini juga bisa digunakan untuk mengkomunikasikan antara perangkat komputer pribadi, dalam artian yaitu komunikasi  secara interpersonal.

2.LAN atau Local Area Network.


LAN
LAN yang merupakan singkatan dari Local area network ini dapat digunakan untuk cakupan wilayah yang kecil saja. Seperti contohnya yang biasa menggunakan jenis jaringan ini yaitu perusahaan, sekolah, universitas maupun area lainnya yang memiliki cakupan wilayah yang kecil.

3.MAN atau Metropolitan Area Network.

MAN

Pada jenis jaringan komputer satu ini dapat digunakan pada luar area mencakup 10 KM sampai dengan 50 KM. Cakupan dari area yang digunakan oleh jaringan MAN ini terbilang cukup luas.

4.WAN atau Wide Area Network.

WAN
Yang terakhir yaitu WAN atau singkatan dari Wide Area Network, jenis jaringan ini memiliki cakupan wilayah atau jarak yang sangat luas karena dapat menjangkau hingga seluruh negara maupun dunia. Nah, pada jaringan WAN ini biasanya telah terdiri dari jenis jaringan seperti LAN dan MAN. Jenis jaringan WAN ini hanya membutuhkan suatu router saja untuk menghubungkan seluruh komputer ke dalam jaringan.
  • Jaringan Komputer Berdasarkan Fungsi.
1.Client Server
Picture

komputer yang menyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain di dalam jaringan dan client adalah komputer-komputer yang menerima atau menggunakan fasilitas yang disediakan oleh server.
Server di jaringan tipe client-server disebut dengan Dedicated Server karena murni berperan sebagai server yang menyediakan fasilitas kepada workstation dan server tersebut tidak dapat berperan sebagai workstation.
Kaeunggulan:
Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) yang tidak dibebani dengan tugas lain seperti sebagai workstation.Dan masih bnyak yang lainnya.

Kelemahan:
Biaya operasional relatif lebih mahal,Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server.Dan masih banyak yang lainnya.

2.Peer to Peer

Hasil gambar untuk peer to peer


Jaringan komputer yang hanya menghubungkan dua komputer dimana kedua komputer bisa menjadi server maupun client, jadi tidak ada perbedaan antara client dan server. Dalam pemasangan Jaringan Peer to Peer anda tidak perlu memakai hub karena dalam tipe jaringan dua komputer (PC to PC) ini dapat langsung dihubungkan dengan 1 kabel UTP. Pada jaringan tipe ini, setiap komputer yang terhubung dalam jaringan dapat saling berkomunikasi dengan komputer lainnya secara langsung tanpa perantara. Bukan hanya komunikasi langsung tetapi juga sumber daya komputer dapat digunakan oleh komputer lainnya tanpa ada pengendali dan pembagian hak akses.

Keunggulan :
Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi-pakai fasilitas yang dimilikinya seperti : harddisk,drive,fax/modem,printer.Dan masih banyak yang lain.
Kelemahan :
Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit,karena pada jaringan tipe ini setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada.Di jaringan client-server komunikasi adalah antara server dengan workstation.Dan masih banyak yang lainnya.
  • Jaringan komputer Berdasarkan Distribusi sumber Informasi/Data.
Berdasarkan distribusi sumber informasi/data, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi dua, yaitu jaringan terpusat (host based network) dan jaringan terdistribusi (distributed network).

1.Jaringan Terpusat (Host Based Network)






Jaringan komputer terpusat terdiri atas komputer induk (host/server) dan satu atau lebih komputer terminal (workstation). Komputer induk (host/server) berfungsi untuk melayani kebutuhan komputer terminal. Komputer induk menyimpan banyak data dan program aplikasi untuk melakukan pengolahan dan pemrosesan data. Komputer terminal, biasanya, berfungsi sebagai perantara untuk mengakses komputer induk.Penerapan jaringan komputer ini dapat Anda lihat pada kehidupan sehari-hari. Contoh penerapannya dapat Anda lihat di kasir supermarket ataupun pusat perbelanjaan. Ketika melakukan transaksi pembayaran, sang kasir akan mengakses database barang yang terdapat di komputer induk.

2.Jaringan Terdistribusi (Distributed Network)



Jaringan komputer terdistribusi merupakan jenis jaringan komputer yang terdiri dari beberapa komputer induk (host/server). Komputer server  ini berfungsi sebagai pusat layanan data dan program aplikasi yang disediakan untuk dapat diakses oleh komputer terminal (workstation). Jaringan komputer ini dapat dibentuk dari beberapa jaringan berbasis induk atau terpusat.Banyak perusahaan yang beralih dari jaringan terpusat menjadi jaringan terdistribusi. Alasannya, dengan jaringan komputer terdistribusi, setiap komputer induk (host/server) dapat melayani bagian-bagian yang berbeda.
  • Jaringan komputer Berdasarkan media Transmisi Data

1.Jaringan Komputer Berkabel(Wired Network)

Hasil gambar untuk jaringan komputer berdasarkan media transmisi

Jaringan kompter berkabel menggunakan sarana kabel jaringan (kabel jaringan UTP,RG 45 dengan proses Crimping),untuk kemudian dihubungkan dengan perangkat penghubung berupa Hub maupun Switch.Jaringan komputer berkabel memiliki kestabilan dan kecepatan yang relatif sangat tinggi dibandingkan dengan Wireless.Hal ini menjadi salah satu kelebihan menggunakan jaringan berkabel.

Jaringan komputer berkabel menggunakan media-media kabel jaringan berupa :
  • Kabel UTP (Unshielded Twister Pair) : jenis kabel yang di dalamnya berisi 4 pasang kabel yang dapat dipakai untuk membuat suatu jaringan komputer.Bahan penghantarnya terbuat dari tembaga.
  • Kabel Coaxial : media yang mampu menghubungkan antara 1 perangkat komputer ke perangkat lainnya.Kabel ini memiliki kecepatan transfer data yang lumayan tinggi/baik sebagai transmisi data.Kabel ini juga berfungsi untuk membagi sinyal dengan frekuensi yang cukup tinggi.
  • Fiber Optic : merupakan sebuah media jaringan kabel yang terbuat dari serat kaca.Fungsinya adalah untuk melindungi jaringan-jaringan lokal seperti LAN.Karena terbuat dari bahan kaca dan dilapisi dengan bahan kuat sebagai pelindung,kabel ini cocok untuk menjaga stabilitas jaringan di sebuah perusahaan gedung bertingkat.
2.Jaringan Komputer Nirkabel (Wireless Network).

Hasil gambar untuk jaringan komputer berdasarkan media transmisi

Jaringan komputer tanpa kabel merupakan jaringan komputer yang tidak menggunakan kabel jaringan UTP,Coaxial maupun FIber Optic,namun memanfaatkan sinyal elektromagnetis.Saat ini sudah sangat banyak yang menggunakan jaringan wireless.Contoh Layanan Internet dari operator,Public Hotspot dan Free Wifi di sejumlah tempat publik, fitur tethering pada Smartphone  untuk berbagi koneksi internet secara cepat dan mudah,koneksi Bluetooth dan Infra Red untuk transfer data,dan lain-lain.

Saat ini kedua jenis jaringan banyak diimplementasikan bersama-sama.Sehingga jaringan ini disebut dengan jaringan Hibrida (Hybrid Network).Hal ini bertujuan untuk menggabungkan kelebihan dan kekurangan masing-masing (penyesuaian kondisi dan keperluan).

  • Kategori Jaringan Komunikasi Berdasarkan arsitektur dan Teknik yang digunakan dalam transfer Data.
1.Switched Networks.
Gambar terkait
Switched Networks, yaitu; Circuitswitched networks, Packet-switched networks.



Macam-macam Switched Networks: 

1) Circuit-switched networks: Proses komunikasi menggunakan model penyambungan secara terus menerus atau hubungan tetap (dedicated communications), contohnya komunikasi telepon.  


2) Packetswitched networks: Informasi dikirim dalam bentuk potongan informasi yang lebih kecil dan tiap potongan dapat melalui jalur yang berbeda. Komunikasi tiap paket dilakukan dalam bentuk hubungan yang berbeda, sehingga secara keseluruhan komunikasi berbentuk hubungan tidak tetap (connectionless oriented), Contohnya komunikasi antara terminal dengan komputer atau antar computer Broadcast Communication Networks. Komunikasi tidak melalui node perantara, dimana setiap pemancar/penerima menggunakan media komunikasi secara bersamasama. Menggunakan media udara sebagai penghantar gelombang elektromagnet.

2.Broadcast Networks.
Hasil gambar untuk broadcast network adalah

Broadcast Networks, yaitu; Packet radio networks, Satellite networks, Local networks. Switched Communication Networks, data dikirim dari sumber ke tujuan melalui serangkaian node-node perantara. Node-node perantara hanya berperan dalam membentuk hubungan dan tidak berurusan dengan isi informasi yang dilewatkan. 


  • Perangkat Keras yang dibutuhkan untuk membangun Jaringan Komputer.

1.File Server
Hasil gambar untuk file server
File Server adalah sebuah komputer terpasang ke jaringan yang memiliki tujuan utama memberikan lokasi untuk akses disk bersama , yaitu penyimpanan bersamafile komputer (seperti dokumen, file suara, foto, film, gambar, database,dll) yang dapat diakses oleh workstation yang melekat pada jaringan komputer.

2.Workstations

Hasil gambar untuk workstation

Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server. ... Pemanfaatan jaringan tersebut dapat berupa sharing data, sharing printer, dan sebagainya.

3.Network Interface Cards.

Hasil gambar untuk network interface card

NIC merupakan sebuah perngkat keras jaringan, yang secara fisik berbentuk seperti sebuah kartu ekspansi, yang memungkinkan setiap komputer dapat terhubung dengan suatu jaringan dengan menggunakan kabel jaringan. NIC (Network Interface Card) ini juga memiliki beberapa istilah lainnya, seperti Kartu Jaringan (Network Card), LAN Card dan juga Ethernet Card .

4.Hub

Hasil gambar untuk hub

Hub adalah sebuah perangkat jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat-perangkat dengan kabel Ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment).

5.Repeaters.

Hasil gambar untuk repeater
Repeater adalah suatu alat yang berfungsi memperluas jangkauan sinyal WIFI yang belum tercover oleh sinyal dari server agar bisa menangkap sinyal WIFI. 

Perangkat Repeater harus 2 alat, yakni untuk menerima sinyal dari server (CLIENT) dan untuk menyebarkan lagi sinyal Wifi (accespoint).

6.Bridge.

Hasil gambar untuk bridge network

Bridge adalah suatu alat yang dapat menghubungkan jaringan komputer LAN (Local arean Network) dengan jaringan LAN yang lain. Bridge dapat menghubungkan tipe jaringan komputer berbeda-beda (misalnya seperti Ethernet & Fast Ethernet), ataupun tipe jaringan yang serupa atau sama.

7.Router.

Hasil gambar untuk router

Router adalah sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing

Prosesrouting terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh lapis OSI.


  • Proses untuk tersambung ke Layanan internet yang di lakukan ISP

Hasil gambar untuk proses untuk tersambung ke layanan internet yang di lakukan ISP


ISP (Internet Service Provider) Anda mengumpulkan semua koneksi dari pelanggannya melalui router gateway yang terhubung ke penyedia konektivitas grosir lainnya.
Yang penting untuk diingat adalah bahwa tidak ada tempat / layanan yang disebut ‘Internet’, hanya banyak perusahaan yang terhubung bersama dalam suatu proses yang disebut Peering. Satu penyedia menghubungkan ke penyedia lain, kadang-kadang satu akan mengisi yang lain, atau dengan cara lain, atau kadang-kadang dilakukan secara netral. Perusahaan seperti Hypernet menyediakan konektivitas global untuk ISP, perusahaan dan penyedia hosting.
Bagian paling signifikan dari sebagian besar ketentuan internet adalah pertukaran internet regional. Pertukaran adalah titik koneksi netral di mana berbagai ISP dapat ‘berinterkoneksi’ dengan penyedia dan bisnis lain. Jika sebagai ISP, Anda ingin lebih terhubung secara global Anda mungkin berbicara dengan perusahaan seperti Hypernet untuk memberikan Anda konektivitas premium global. ISP Kecil hanya akan terhubung ke pertukaran internet tetapi ketika mereka tumbuh mereka akan menambahkan ‘rute’ ekstra premium dan peering tertentu.
Jika ISP menemukan volume besar dari trafik spesifik menuju tujuan tertentu (Microsoft, Google, BBC, dll) maka mereka mungkin membuat kesepakatan untuk peering secara langsung. Ini akan meningkatkan kapasitas dan keandalan tetapi juga mengurangi penundaan koneksi, juga akan mengurangi lalu lintas dari tujuan yang lebih umum.
ISP (Internet Service Provider) yang baik akan memiliki lebih dari satu gerbang peering untuk menghadapi risiko memiliki satu titik kegagalan. Ini adalah tugas dari sebuah ISP untuk mengoptimalkan jaringan mereka dan memberikan peluang yang terbaik.


Terima Kasih guys sudah mau membaca blog saya,ketemu lagi di blog-blog selanjutnya ya.Sekian,wassalamualaikum.wrb.

BY:

Hasil gambar untuk teknologi layanan jaringan

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode