[GNS3][MIKROTIK] Konfigurasi Vlan dan InterVlan Routing di GNS3 - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[GNS3][MIKROTIK] Konfigurasi Vlan dan InterVlan Routing di GNS3

Share This
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas tentang konfigurasi vlan dan intervlan Routing di GNS3 Tercinta wkwkw.


Apa itu Intervlan Routing?
Inter VLAN routing merupakan proses mem-forward lalu lintas dari satu jaringan VLAN ke VLAN lain atau dengan kata lain mengubungkan host-host yang berada pada VLAN yang berbeda. Komputer dalam sebuah VLAN tidak dapat terhubung dengan komputer lain yang berbeda VLAN karena berada pada broadcast domain yang berbeda. Untuk menghubungkan VLAN yang berbeda tersebut, dibutuhkan perangkat layer 3 baik itu router atau switch layer 3. Persyaratan router yang dipakai untuk routing VLAN adalah router tersebut harus bisa dibuat trunking ke switch. Oleh karena itu, router yang digunakan untuk inter VLAN memiliki interface FastEthernet. Selain itu IOS untuk router tersebut juga harus mendukung trunking.

(Sumber: https://rinosafrizal.com/konfigurasi-inter-vlan-routing-pada-cisco-packet-tracer/) 

Alat yang di butuhkan :

GNS3

Topologi :

Berikut Konfigurasi :

Router

Cek Internet
Pertama kita akan cek terlebih dahulu, apakah si Router mendapatkan ip dhcp atau tidak.Biasanya kalo kita menggunakan NAT di GNS3 itu otomatis langsung mendapatkan ip dhcp yang langsung terhubng ke internet.Kita cek apakah kita mendapatkan ip dhcp atau tidak dengan perintah ip address print.Dan kita cek juga apakah kita mendapatkan ip dhcp client atau tidak dengan perintah ip dchp-client print.
Jika sudah kita mendapatkan ip kita bisa memastikan lagi dengan cara cek ip dns nya dengan perintah ip dns print.Kita cek juga apakah kita mendapatkan gateway atau tidak dengan perintah ip route print.
Untuk mengecek apakah si Router sudah terhubng internet atau belum, kita bisa lakukan request ping google dengan perintah ping google.com.

Konfigurasi InterVlan ROuting
Kita akan membuat intervlan untuk ether2 yang terhubng ke Switch,dengan tujuan agar dari Router ke Switch dapat saling terhubung dengan adanya mode Trunk > kita akan membuat interface vlan10 dengan perintah interface vlan add name=eth2-vlan10 vlan-id=10  interface=ether2 dan untuk vlan20 bisa menggunakan perintah interface vlan add name=eth2-vlan20 vlan-id=20 interface=ether2.Untuk mengeceknya bisa dengan perintah interface vlan print.
Kita akan melakukan settingan ip address di setiap vlan, untuk vlan10 dengan perintah ip address add address=192.168.10.1/24 interface=eth2-vlan10 dan untuk vlan20 bisa dengan perintah
ip address add address=192.168.20.1/24 interface=eth2-vlan20.
 

Konfigurasi DHCP-Server
Kita akan melakukan settingan ip dhcp-server agar si client mendapatkan ip secara langsung jadi tidak perlu setting ulang, untuk vlan10 bisa dengan perintah ip dhcp-server setup dan tekan enter sampai selesai.
Untuk vlan20 kita akan setting dhcp server juga dengan perintah ip dhcp-server setup.Tekan enter saja sampai selesai.
Kita bisa cek dhcp-servernya dengan perintah ip dhcp-print.

Konfigurasi Firewall
Kenapa kita harus Konfigurasi Firewall karena agar si client bisa mengakses google atau internet,untuk konfigurasi firewall bisa dengan perintah ip firewall nat add chain=srcnat out-interface=ether1 action=masquerade.

Switch

Konfigurasi InterVlan ROuting
Kita akan konfigurasi Intervlan routing pada switch untuk interface yang mengarah ke Router, karena disini kita menggunakan metode trunking.Pertama kita buat untuk vlan10 dengan perintah interface vlan add name=eth1-vlan10 vlan-id=10 interface=ether1 dan untuk vlan20 kita gunakan perintah
interface vlan add name=eth1-vlan20 vlan-id=20 interface=ether1.
 

Konfigurasi Bridge
Kita gk perlu setting ip address karena disini sebagai Switch, disini kita akan konfigurasi Bridge, bridge berfungsi untuk memberikan broadcast domain ke setiap jaringan tanpa mengetahui isi paket tersebut.Bisa menggunakan perintah interface bridge add name=bridge-vlan10 dan
interface bridge add name=bridge-vlan20.
 
Kita akan memasukan Bridge ke setiap interface, untuk vlan10 gunakan perintah interface bridge port add bridge=bridge-vlan10 interface=eth1-vlan10 dan
interface bridge port add bridge=bridge-vlan10 interface=ether2.Untuk vlan20 gunakan perintah  interface bridge port add bridge=bridge-vlan20 interface=eth1-vlan20 dan  interface bridge port add bridge=bridge-vlan20 interface=ether3.
 

Verifikasi Client

PC-01
Cek apakh dapet ip dhcp atau tidak gunakan perintah ip dhcp dan cek apakah terhubung internet atau tidak gunakan perintah ping google.com. 

PC-02
Cek apakh dapet ip dhcp atau tidak gunakan perintah ip dhcp dan cek apakah terhubung internet atau tidak gunakan perintah ping google.com. 
 

Oke itu saja Cukup mudah bukan hehe, bila ada yang ingin di tanyakan bisa coment di bawah.Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode