[LAB 13][MIKROTIK] Konfigurasi Jaringan Lokal ke Internet di Router Mikrotik. - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[LAB 13][MIKROTIK] Konfigurasi Jaringan Lokal ke Internet di Router Mikrotik.

Share This
Assalamualaikul.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada pertemuan ini saya akan membahas Konfigurasi Jaringan Lokal ke Internet dengan Router Mikrotik.

Berikut Konfigurasinya:
Pertama Kita akan tambahkan IP address dulu arahkan interfacenya yang mengarah internet (disini saya ether2).Dan untuk ether1 sesuai interface yang mengarah ke jaringan lokal.Jika ingin menambahkan ip address kalian bisa masuk ke menu IP > klik Address > klik tanda + untuk menambahkan IP baru.
Jika sudah ditambahkan,kita akan menambahkan default gatewaynya  ingat fungsi utama dari router adalah menghubungkan jaringan nahh disini yang namanya proses routing.Routing itu apa sih??Routing adalah proses dimana router menguhubungkan beberapa jaringan yang berbeda jadi satu segmen,disini router ingin menguhubungkan jaringan lokal dengan jaringan Internet maka tujuannya dst-addressnya adalah 0.0.0.0 yang berarti itu telah mewakili sejuta IP yang berada di Internet,dan untuk gateway nya kita isikan dari gateway ISP itu sendiri.
Masukan dst-addressnya 0.0.0.0/0 berikutnya gateway ISP > klik apply dan ok.
Nahh disini kita akan menambahkan DNS,masuk ke menu IP > klik DNS > pada tahap ini saya sudah menambahkan DNS nya tapi jika kalian ingin menambahkan DNS nya kalian bisa ketik di kolom server > klik apply dan ok.
Jika sudah coba kita test apakah kita sudah mendapat Internet atau blm,dengan test ping google.com.
Jika bisa coba saya akan test dengan domain blog saya hehe.
Oke itu saja Konfigurasinya cukup mudah bukan hehe,sekian dari saya bila ada kesalahan step bisa coment di bawah Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode