[LAB 14][MIKROTIK] Konfigurasi ARP di Router Mikrotik. - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[LAB 14][MIKROTIK] Konfigurasi ARP di Router Mikrotik.

Share This


Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas materi Konfigurasi ARP di Router MIkrotik.

ARP itu apa ya?
ARP merupakan Address Resolution Protocol nah cara kerjan ARP di dalam mikrotik pemetaan ini dilakukan secara dinamik atau otomatis keluar dari router.Dan kita bisa juga membuat pemetaan nya menjadi static.Tujuannya dibuat pemetaan secara static adalah agar Komputer client tidak dapat mengubah IP address sesukanya.Jika client merubah ip maka ip nya akan tidak valid dan akhirnya tidak akan terhubung ke router dan tidak bisa internetan.

Berikut Konfigurasinya:
Pertama kita bisa masuk ke menu ARP dengan ke klik IP > klik ARP.Disini ada tampilan tabel ARP list,dan disini tertera ARP nya otomatis atau DC yang sudah dibuat router secara otomatis nah sekarang kita akan ubah dinamik ke static.
Screenshot_1
Setelah kita tahu Mac address dari host sekarang kita akan konfigurasi pemetaan alamat IP dengan Mac address dengan masuk ke tabel ARP > klik tanda + untuk menambahkan > disini kita isi ip addressnya sesuai ip yang ingin kita buat static beserta Mac addresnya dan interface > jika sudah klik aplly dan ok.
Screenshot_3
Nahh kan otomatis yang sebelumnya dynamic akan berubah menjadi Static dengan lambang C.
Screenshot_5
Oke itu saja Konfigurasinya cukup mudah bukan hehe,sekian dari saya bila ada kesalahan step bisa coment di bawah Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode