[LAB 4] [WINDOWS] Konfigurasi Web Server IIS di Windows Server 2012 - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[LAB 4] [WINDOWS] Konfigurasi Web Server IIS di Windows Server 2012

Share This

Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas perkembangan dan informasi seputar IT di Indonesia adn di dunia.Pada postingan kali ini saya akan membahas materi Windows Server 2012 lebih jelasnya adalah Konfigurasi Web Server IIS in Windows server 2012.

Eh Web server itu apa yah?
Web Server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan HTTP/HTTPS pada client dan menampilkan dalam bentuk dokumen HTML.

Itukan Web server yah,kalo Web Server IIS itu apakah sama dengan Web Server?
Jelas berbeda dong hehe,IIS adalah sebuah HTTP web server digunakan dalam SI Windows.Biasanya layanan ini berfungsi sebagai pendukung protokol TCP/IP yang berjalan dalam lapiran aplikasi loh.IIS juga menjadi fondasi dari platform internet dan internet microsoft.

Software yang di gunakan :

1.Virtual box.

Hasil gambar untuk virtualbox

Berikut adalah konfigurasinya :

1.Pertama pastikan kalian sudah instalasi mesin windows server di virtual box yah > jalankan mesin windows server > Pada tab server manager klik manage > pilih Add roles and features.



2.Pada tab wizard > tab wizard ini berisi tentang saran yang diberikan microsoft kepada penggunanya > jika mengerti klik next.



3.Pada tahap installation type > pilih Role-based or Feature based installation karena untuk konfigurasi single server secara manual > klik next.



4.Pada tab server selection > klik select a server from the server pool yah > pilih server kalian yang mana yang ingin di install Web IIS > klik next.



5.Karena kita akan install Web IIS jadi kita beri centang pada Web IIS > klik next.



6.Pada tahap ini kita ceklis juga pada basic autenthic > klik next.



7.Pada tahap ini kita dimintai persetujuan untuk install Web IIS > jika setuju klik install dan pastikan kalian centang pada restart yang di atas yah agar nanti setelah installasi akan terestart otomatis > klik install.



8.Jika proses installasi sudah selesai > klik tab tools > pilih IIS Manager.



9.Pada tab sub menu sites > pilih Default Web sites > kita pilih Kongurasi Authentification.



10.Kemudian kita disable pada anonymous dan enable kan pada basic authentification agar pada saat kita masuk server kita akan dimintai login terlebih dahulu.



11.Kita kembali ke Server manager > klik tab tools > pilih Computer manager untuk atur password login yang akan digunakan pada saat masuk web server.



12.Pada menu computer manager kita akan buat user > klik pada local users and groups > klik user dam klik kanan > pilih new user untuk membuat user baru.



13.Kita isikan username dan password sesuka kalian yah dan pastikan ceklis pada password never expires agar password tidak ada masa berlakunya alias berlaku selama fitur ini  masih aktif.



Tahap Verifikasi 

Nah pada tahap inilah akan diuji apakah konfigurasi kalian berhasil atau tidak.

1.Kita masuk ke browser > masukan IP server yang kita gunakan pada network adapter yah > jika muncul permintaan login berarti web server kalian sudah bekerja > dan kita masukan username dan password yang sudah kalian buat tadi yah.



2.Dan jika kalian berhasil masuk maka seperti inilah tampilannya,ini merupakan tampilan defaultnya jika kalian ingin mengganti template tampilannya bisa kok.



Sudah selesai cukup gampang kan hehe.Bila ada kesalahan pada step atau ada yang ingin ditanyakan bisa lewat kolom komentar di bawah oke.Semoga ilmu yang dishare ini bisa bermanfaat bagi kalian yah.Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode