[PKL] Laporan Kegiatan Prakerin di PT.Berdikari Prima Mandiri - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[PKL] Laporan Kegiatan Prakerin di PT.Berdikari Prima Mandiri

Share This

Gambar terkait

Assalamualaikum.Wrb

Hallo kawan selamat datang di blog networking Indonesia yaitu blog yang membahas tentang perkembangan dan informasi seputar dunia IT di Indonesia dan di dunia.Selamat pagi/siang/sore/malam sesuai kalian yang membacanya pada kali ini saya tidak membahas materi tentang IT tapi saya akan me-share seputar kegiatan saya Prakerin di PT.Berdikari Prima Mandiri.

Selasa,01-10-2019

Pada hari ini adalah hari pertama saya melaksanakan prakerin di PT.Berdikari Prima Mandiri.Tentu saja pada saat hari pertama saya di antar oleh pembimbing saya dari sekolah untuk menjalani prakerin.Perjalanan dari sekolah ke kantor BPM itu sekitar 15 menit,setelah sampai di kantor BPM pembimbing saya dan saya langsung masuk dan di sambut oleh komite di PT.BPM lalu kami di ajak ke suatu ruangan yang berada di kantor BPM.Guru pembimbing saya dan komite yang bernama Pak Mayel ini asik mengobrol dan membicarakan soal kami yang ingin pkl di kantor BPM.Setelah lama mengobrol akhirnya guru kami pulang dan kami pun di jelaskan materi ISP oleh Pak Mayel yang kebetulan kantor BPM ini merupakan kantor ISP.Setelah lama menjelaskan kami pun diberi tugas untuk mereset router dengan cara hard reset.
 
Rabu,02-10-2019

Di hari ini kami mendapatkan tugas dari pak Mayel selaku komite untuk membuat mini lab di ruangan kantor BPM,kemudian saya di suruh mengangkat server dari kantor sebelah ke kantor noc BPM.Awal memegang server saya kaget karena server yang saya pegang itu teraliri listrik jadinya saya kesetrum hehe,setelah saya mengambil server lalu saya membuat mini lab di ruangan dengan cara konfigurasi router dan switch serta server,dan akhirnya tim kami pun berhasil dan bisa internet.
  
Kamis,03-10-2019

Pada hari ini kami tidak mendapatkan tugas apapun dari Pak Mayel akhirnya kami ber-inisiatif untuk me-explore Router dan Switch lebih dalam lagi.Kami pun belajar membuat firewall dan simple qeue dan ternyata firewall itu berfungsi sebagai tembok penghalang jadi kalian bisa buat blok situs,melindungi router dari serangan luar dan kalo simple qeue itu berfungsi untuk mengatur bandwith ke setiap jaringan.

Jum'at,04-10-2019

Pada hari Jum'at ini saya izin dengan Pak Mayel dan Pak Asep selaku pembimbing untuk mengikuti lomba pencak silat dengan mewakili sekolah,dan setelah saya izin saya pun di suport oleh pembimbing saya dan akhirnya saya semangat dalam lomba pencak silat.

Senin,07-10-2019

Pada hari ini kami tim pkl mendapatkan tugas dari Pak Mayel untuk men-install dan men-konfigurasi proxmox server.Awalnya kami tidak tahu apa itu proxmox setelah kami searching di google akhirnya kami tahu kalo proxmox itu adalah penyimpanan file dan berkas atau nama lainnya server.Kami pun mulai men-install dan men-konfigurasi server proxmox. 

Selasa,08-10-2019

Pada mulai hari ini kami tim pkl mendapatkan project untuk membantu tim teknisi BPM dalam mengerjakan memasang jaringan internet di kantor pemda Karawang,karna mulai kerjanya malem akhirnya kami berangkat dari Bekasi jam 17:00 perjalanan dari Bekasi ke Karawang sekitar 1 jam 30 menit,setelah kami sampai di Karawang kami pun brifieng sejenak untuk pengerjaan ini.Setelah brifieng kami pun mulai kerja pada hari ini mulai menentukan route dalam penarikan kabel dari lantai 1,2 dan 3.

Rabu,09-10-2019

Pada hari ini seperti kemarin karna kami mendapatkan project untuk memasang jaringan di kantor pemda Karawang kami pun berangkat jam 17:00 dari Bekasi dan sampai di karawang sekitar jam 19:00,lalu kami brifieng sejenak dan kami pun mulai kerja.Pada hari ini karena kemarin sudah menentukan route dalam penarikan kabel kami pun pada hari ini mulai melakukan penarikan kabel dari lantai 3,2,1 walaupun ada trouble di lantai 2 karena terhalang tembok akhirnya trouble itu terpecahkan.

Kamis,10-10-2019

Pada hari ini tim kami pergi ke karawang untuk projectnya setelah sampai di karawang kami brifieng sebentar lalu mulai bekerja.Dan kami mulai melakukan pemasangan rak Switch per-lantai 1.Ternyata memasang rak Switch ini tidaklah mudah cukup sulit.Setelah di pasang kabel pun di rapihkan setiap per-lantai.

Jum'at,11-10-2019

Pada hari ini tim kami masih ke karawang untuk mengerjakan projectnya,karena kemarin kami sudah memasang rak Switch lalu kami melakukan crimping kabel dan faceplate di setiap ruangan dan di setiap rak switch.Ternyata disini kami mendapat ilmu baru tentang me-crimping di faceplate.

Senin,14-10-2019

Pada hari senin ini kami tidak ke karawang karena blm dapat panggilan akhirnya kami di kantor noc BPM,pada hari ini kami masih explore soal switch dan kami membuat vlan,hostname,banner MOTD serta kami pun mereset switch.

Selasa,15-10-2019

Pada hari ini kami pergi ke kantor noc BPM sesampainya di kantor kami pun masih melakukan explore terhadap switch,karena kami blm mendapatkan tugas dari Pak Mayel akhirnya kami ber-inisiatif untuk explore switch mumpung ada devicenay hehe.Kami pun me-konfigurasi SSH dan Telnet di setiap switch dan akhirnya berhasil jadi orang yang ingin masuk ke dalam switch tidak akan bisa karena kami sudah memasang SSH security untuk keamanan seitch.

Rabu,16-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM karena blm mendapatkan tugas dari Pak Mayel kami pun masih melakukan explore melanjutkan explore kami kemarin soal switch dan kami me-konfigurasi switch yaitu membuat vlan di setiap PC/Laptop dan akhirnya kami pun berhasil jadi karena setiap pc berbeda vlan jadinya kami tidak bisa saling terhubung karena vlan berfungsi untuk membagi partisi.

Kamis,17-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM kami mendapatkan tugas dari karyawan BPM untuk mencari tau tentang apa itu NMS dan kami pun membaca dan mempelajari NMS dan ternyata NMS itu adalah Network Monitoring System yaitu tool untuk melakukan monitoring pada elemen dalam jaringan komputer dan NMS berfungsi melakukan pemantauan terhadap kualitas SLA dari bandwith yang di gunakan.

Jum'at,18-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM kami mendapatkan tugas dari salah satu ketua noc atau yang megang kantor noc yang bernama Pak Prih yaitu kami mendapatkan tugas untuk me-dwonload serta me-upload file iso ke server proxmox yaitu iso ubuntu-server,Centos 7 serta Windows server 2012.Kenapa kami upload file ke server proxmox supaya Pak Prih ini bisa melakukan konfigurasi server melalui server proxmox tersebut.

Senin,21-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM kami mendaptkan tugas untuk mempeljari serta memahami apa itu KVM pada proxmox.Dan ternyata KVM merupakan salah satu yang mengusung server proxmox dan dengan KVM ini kami tidak hanya bisa install linux saja akan tetapi operating system windows pun bisa kami install.

Selasa,22-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM kami mendapatkan tugas untuk membuat vm pada server proxmox.Kami berhasil membuat vm Ubuntu-server ,Centos7,Windows server 2012.Tidak hanya membuat saja kami pun juga di suruh konfigurasi untuk web-server.

Rabu,23-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM kami mendapatkan tugas untuk membuat cacti dengan server proxmox.Cacti adalah salah satu tool untuk memonitoring jaringan atau memonitoring untuk client jaringan,kami pun mulai membuat cacti dengan proxmox ubuntu-server setelah lama kami konfigurasi akhirnya cacti pun telah jadi dan siap digunakan.

Kamis,24-10-2019

Pada hari ini kami mendaptkan panggilan untuk bantu project Karawang,kami pun berangkat ke Karawang tapi pada hari ini an seterusnya untuk project Karawang kami pun kerja dari jam 09:00 sampai jam 19:00.Kami mulai kerja dan kerjaan kami pada hari ini adalah me-crimping kabel di lantai 1 dan lantai 2 sebanyak 30 an kabel.

Jum'at,25-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang,setelah sampai di karawang kami mulai kerja dan kerjaan kami adalah masih crimping kabel di lantai 2 dan mulai pasang switch di lantai 2 serta testers setiap kabel crimpingan yang sudah kami crimping sebelumnya.

Senin,28-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang untuk melanjutkan projectnya setelah kemarin kami pasang switch dan crimping kabel di lantai 2 sekarang kami crimping kabel dan masang switch di lantai 1 dengan crimpingan kabel sebanyak 15 an.

Selasa,29-10-2019

Pada hari ini kami tidak berangkat ke Karawang akhirnya kami berangkat ke kantor noc BPM dan sesampainya di kantor kami mendapatkan tugas dari Pak Prih untuk konfigurasi owncloud di server proxmox.Sebelum kami konfigurasi tentunya kami mempelajari terlebih dahulu tentang owncloud dan ternyata owncloud merupakan suatu perusahaan dengan proyeknya yaitu OwnCloud project. Slogan perusahaan ini adalah Your Cloud, Your Data, Your Way!. OwnCloud merupakan salah satu perangkat lunak berbagi berkas gratis dan bebas seperti Dropbox, menyediakan pengamanan yang baik, memiliki tata cara yang baik bagi pengguna aplikasi untuk membagi dan mengakses data yang secara lancar terintegrasi dengan perangkat teknologi informasi yang tujuannya mengamankan, melacak, dan melaporkan penggunaan data.

Rabu,30-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM sesampainya kami di kantor noc BPM kami pun melanjutkan tugas kami dari Pak Prih untuk konfigurasi owncloud setelah kami mempelajari tentang owncloud kemarin kami pun mulai konfigurasi owncloud di ubuntu server.Setelah sekian lama kami konfigurasi akhirnya owncloud yang kami buat pun jadi dan siap digunakan.

Kamis,31-10-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM sesampainya di kantor kami tidak mendapatkan tugas apapun dan akhirnya kami ber-inisiatif untuk mempelajari ubuntu server lebih dalam lagi dan ternyata ubuntu server itu merupakan ubuntu yang didesain untuk di install di server. Perbedaan mendasar, di Ubuntu Server tidak tersedia GUI. Jika anda menggunakan ubuntu server artinya anda harus bekerja dengan perintah perintah di layar hitam ayng sering disebut konsole.

Jum'at,01-11-2019

Pada hari ini kami tim pkl berangkat ke Karawang untuk membantu projectnya setelah cukup lama dalam perjalanan kami pun sampai di kantor pemda Karawang sesampainya di sana kami ditugaskan untuk memberi label pada kabel crimpingan di lantai 2 yaitu dengan nama seperti ruang bupati,ruang administrasi dan ruang ruangan lainnya yang tersambung ke jaringan internet.

Senin,04-11-2019

Pada hari ini kami tim pkl berangkat ke kantor noc BPM setelah sampai di kantor noc BPM kami mendapat dari Pak Prih untuk membuat web server/wordpress melalui ip server.Setelah lama kami mempelajari akhirnya kami mulai konfigurasi di server proxmox untuk membuat web server wordpress karena konfigurasinya cukup sulit akhirnya kami mendapatkan hambatan tapi akhirnya tugas nya pun selesai dan web server tinggal di edit.Dan ternyata wordpress itu merupakan pilihan yang ideal untuk Anda yang baru pertama kali membuat website. CMS ini memiliki skalabilitas yang cukup dan bekerja baik untuk website dengan traffic rendah atau medium. Beberapa website yang menggunakan WordPress adalah TIME Magazine, CNN, TED, Techcrunch, NBC, dan masih banyak lagi.

Selasa,05-11-2019

Pada hari ini kami tim pkl berangkat ke Karawang untuk membantu projectnya.Setelah sampai di Karawang ternyata pemasangan jaringan internet nya sudah selesai tinggal melakukan konfigurasinya saja dan pihak karyawan di kantor pemda Karawang ini bilang kalau dia ingin menambah untuk masang jaringan internet di gedung 2 dan akhirnya kami pindah ke gedung 2 pekerjaan pertama kami adalah penarikan kabel dari lantai 2 ke lantai 1.

Rabu,06-11-2019

Pada hari ini tim pkl kami berangkat ke kantor noc BPM dan kami masih melanjutkan tugas untuk membuat dan mendesain web server wordpress awalnya kami sempat bingung soal web desaign setelah kami cari tau akhirnya kami paham dan kami sudah mendesain web servernya sesuai yang di perintah kan oleh Pak Prih selaku ketua noc BPM. 

Kamis,07-11-2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang untuk membantu project dan kami pergi ke gedung 2 setelah kemarin kami melakukan penarikan kabel dari lantai 2 ke lantai 1 kami pun langsung melakukan crimpingan kabel kami melakukan crimpingan kabel sekitar 19 an kabel serta kami juga memasang rak switch di lantai 2.

Jum'at,08-11-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM seperti yang kemarin marin kami masih melanjutkan tugas untuk mendesain web server wordpress dan kami pun di suruh untuk mengubah logo dair BPM ke BPMsi dan akhirnya kami berhasil mengubah dan kami mendesain webnya dari desain untuk login desain untuk customer dan desain untuk home serta admin.

Senin,11-11-2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang untuk membantu project pasang jaringan lalu kami pergi ke gedung 2.Setelah kami kemarin melakukan crimping kabel di rak switch lantai 2 lalu kami sekarang mendapatkan tugas untuk crimping faceplate di setiap ruangan yang teraliri jaringan internet dan kami mendapatkan ilmu baru tentang crimping faceplate.

Selasa,12-11-2019

Pada hari ini kami berangakt ke kantor noc BPM untuk melanjutkan tugas dari Pak Prih yaitu mendesain web server wordpress dan kami sudah berhasil mendesain serta mempercantik web desaign wordpress setelah mendesain kami pun di suruh memasukan data customer.Dan kami pun di suruh membuat akun admin ber atas namakan Pak Prih.

Rabu,13-11-2019

Pada hari ini kami berangkat ke Karawang untuk membantu project memasang jaringan internet lalu kami pergi ke gedung 2 setelah kami kemarin crimpingan faceplate di setiap ruangan di lantai 2 dan kami sekarang mendapatkan tugas untuk melakukan penarikan kabel dari lantai 1 ke lantai 2 dan me aliri setiap kabel ke ruangan yang berada di lantai 1.

Kamis,14-11-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM untuk melanjutkan tugas dari Pak Prih yaitu mendesain web server wordpress kami merasa kesulitan dalam hal desain yang di suruh oleh pak Prih dan akhirnya kami berusaha mencari tau bagaimana caranya desain web sesuai yang di suruh pak Prih dan akhirnya kami pun belum menemukan cara desain yang di suruh pak Prih.

Jum'at,15-11-2019

Pada hari ini kami berangkat ke kantor noc BPM dan kami masih melanjutkan tugas untuk desaign web yang disuruh pak Prih setelah kami kemarin kesulitan untuk desaign web yang disuruh pak Prih akhirnya sekarang kami menemukan caranya dan kamipun mulai melakukan desaign web dan akhirnya desaign web pun selesai dan siap digunakan.



2 comments:

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode