[NETWORKING] Cara Akses Router Mikrotik - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[NETWORKING] Cara Akses Router Mikrotik

Share This

Hasil gambar untuk akses router mikrotik

Assalamualaikum.Wrb

Hallo kembali lagi di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas tentang perkembangan dan informasi seputar IT di Indonesia dan di dunia.Selamat pagi/siang/sore/malam sesuai kalian yang membacanya ya oke langsung saja saya akan me-share tentang Cara Akses Router Mikrotik.


11 

Tabel yang di atas merupakan beberapa cara akses router miktorik beserta dengan koneksinya serta bagaimna tampilannya dan bekerja pada layer berapa.

Berikut adalah 4 cara mengakses router Mikrotik :

1.Via Winbox

Gambar terkait 
 
Winbox adalah aplikasi Resmi dari MikroTik yang memang diperuntukan untuk mengakses RouterBoard MikroTik, mengkonfigurasi RouterBoard menggunakan Winbox lebih mudah Karena Winbox itu memiliki tampilan GUI, tidak seperti Cisco yang kalau ingin mengkonfigurasinya harus menggunakan CLI ( CommandLine Interface ). Kalau ada tampilan GUI nya kan mudah tinggal klik klik saja hehe.
 
Kalau ingin mendownload winbox bisa langsung ke website dari mikrotiknya langsung atau bisa kunjungi link berikut : http://www.mikrotik.com/download.Jika sudah masuk ke websitenya silahkan untuk scroll down dan cari link untuk download winbox tersebut.

22 

Jika anda sudah mendownload silahkan kalian install dan buka aplikasi winboxnya dan kalian liat pada kolo neighbors nya,apakah itu router kalian atau bukan cara melihatnya kalian bisa dengan melihat MAC Address pada ether yang terkoneksi langsung dengan PC.

33

 Jika router kalian masih dalam keadaan default otomatis kalian harus login menggunakan Login : admin dan Password : kosongkan saja begitu juga ip address nya jika kalian masih dalam keadaan default atau setelan pabrik otomatis IP nya adalah 192.168.88.1 dan jika kalian ingin login kalian bisa login menggunakan ip address dan mac address sesuai keinginan kalian contoh : kalian ingin login menggunakan mac address tinggal klik mac address > klik connect dan kalian akan di arahkan ke tampilan utama router kalian.

2.Via CommandLine/Telnet

Hasil gambar untuk telnet

Akses via telnet ini tergolong sangat mudah karena kalian tidak memerlukan aplikasi tambahan hanya menggunakan CMD (Command prompt).Telnet ini memang difungsikan untuk meremot router sehingga kita tidak harus terkoneksi dengan router yang ingin kita sambungkan akan tetapi telnet ini sangat tidak disarankan karena keamanannya sangat lah lemah.

Langkah pertama untuk akses via Telnet adalah kita aktifkan terlebih dahulu fitur telnet yang ada di windows kalian.Masuk ke menu Control Panel > Pilih Programs > Masuk ke menu programs and feature > Pilih Turn Windows Feature on or Off > Centang fitur telnet.

44 

Jika kalian sudah melakukan atau mengaktifkan fitur telnet di windows lalu kalian harus menyesuaikan IP address/gateway di PC kita agar kita bisa terhubung dengan Telnet mikrotik klik kanan pada kotak yang di tandai di bawah > pilih Open Network and Sharing Center > pilih adapter settings.

55

Jika anda sudah masuk anda klik kanan pada ethernet 1 > pilih Properties > doubleklik pada ipv4 > lalu samakan Ip address sesuai ip router kalian jika router kalian masih default masukan saja ipnya 192.168.88.1 dan jangan lupa masukan ip server internet di following DNS sesuai gambar di bawah ini.

66

Sekarang coba kalian buka command prompt dan kalian ping ip router kalian untuk mengecek apakah kalian sudah terkoneksi atau belum jika sudah maka tampilannya akan seperti gambar di bawah ini.

77

Jika sudah reply selanjutnya kalian coba untuk masuk/remote router melalui telnet dengan cara ketik : telnet 192.168.88.1 sesuai IP router kalian jika tampilan kalian seperti di bawah berarti kalian sudah terkoneksi.Dan jangan lupa karena router kalian masih default kalian masukan saja Loginnya : admin dan passwordnya : kosongkan saja.Jika kalian sudah masuk maka akan muncul tulisan MIKROTIK yang besar dan ini merupakan menu terminal jika kalian sudah melihat di fitur winbox.

88

3.Via Web Browser/Webfig

Gambar terkait

Webfig adalah cara yang terbilang mudah dalam mengakses router kalian bisa mengakses router hanya lewat web browser saja contoh pada kali ini saya mengakses router lewat Google Chrome.Kalian tinggal memasukan IP router kalian saja otomatis kalian akan di arahkan ke dalam menu router yang berada di webfig dan tampilannya dalam mode GUI.

1111

Jika router kalian masih dalam keadaan default maka pada saat kalian ingin akses router lewat webfig otomatis kalian tidak akan dimintai user login dan password tapi jika kalian sudah mengatur login dan password otomatis kalian akan di mintai login dan password yang sudah kalian atur.

4.Via Command line SSH

Hasil gambar untuk logo putty

SSH (secure shell) sama halnya dengan telnet, digunakan untuk mengakses Router, namun SSH mempunyai beberapa kelebihan, diantaranya adalah dapat digunakan untuk mengkopi file secara terenkrip. Hal tersebut merupakan kelebihan dari ssh, sebelum paket ditransmisikan maka paket akan dienkrip terlebih dahulu.

Karena windows tidak menyediakan fitur SSH maka dengan putty lah kita akan meremot router menggunakan SSH  bagi kalian yang belum mendownload putty kalian bisa download di link berikut : www.putty.nl jika kalian suda mendownload apk putty maka kalian langsung buka apk putty.

Jika sudah di buka ketikan IP router kalian dan pilih mode SSH dan klik open.

99

setelah kalian membuka mode SSH maka tampilannya seperti gambar di bawah ini seperti biasa kalau router kalian masih dalam keadaan default maka login : admin dan passwordnya : kosongkan saja otomatis kalian langsung masuk ke mode user.

1010 

Dahh selesai cukup mudah kan dalam hal mengakses router jadi kalian tinggal pilih deh kalian mau akses lewat apa dan ingin tampilannya seperti apa saya sarankan tampilan GUI saja ya karna lebih mudah hehe.Terima kasih sudah membaca blog saya dan jangan lupa ilmu yang kalian punya di sharing ya hehe.Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode