[SERVER] Installasi dan Konfigurasi Wordpress di Ubuntu Server 18.04 LTS. - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[SERVER] Installasi dan Konfigurasi Wordpress di Ubuntu Server 18.04 LTS.

Share This
 
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas seputar Server di Ubuntu Server yaitu Konfigurasi Installasi Wordpress di Ubuntu Server 18.04 LTS.

Apa sih Wordpress?
WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka.

Kelebihan Wordpress apa sih?
Karena banyak komunitas yang mendukung membuat wordpress berkembang setiap harinya dan memiliki banyak fitur yang tidak kalah dengan website terkenal lainnya.Berikut beberapa fitur yang bisa didapatkan pada wordpress :
1.Panel Navigasi mudah digunakan.
2.Sederhana dan fleksibel.
3.Memiliki banyak plugin.
4.Banyak pilihan widget.

Berikut Installasinya:
Sebelum kita melakukan installasi kita harus menginstall software yang dibutuhkan untuk install wordpress seperti Apache2,php7 dan Mysql Server jika kalian blm menginstall kalian bisa lihat postingan blog yang sebelumnya.

Edit File Php.ini
Kita masukan perintah nano /etc/php/7.2/apache2/php.ini.Jika sudah kita akan mengubah parameternya seperti dibawah ini:
file_uploads = on
allow_url_fopen = on
memory_limit = 256M
upload_max_filesize = 100M
max_execution_time = 360
date.timezone = Asia/Jakarta.
 
 
 
 
Konfigurasi Database di MySQL Server.
disini kita akan membuat database untuk wordpressnya,dengan masukan perintah mysql -u root -p.Jika sudah masukan perintah seperti dibawah ini:
  • CREATE DATABASE dbwordpress;
  • CREATE USER 'wordpressuser'@'localhost' IDENTIFIED BY 'masukan passwordnya';
  • GRANT ALL ON dbwordpress.* TO 'wordpressuser'@'localhost' IDENTIFIED BY 'masukan passwordnya' WITH GRANT OPTION;
  • FLUSH PRIVILEGES;
  • EXIT;
 
Download Wordpress.
Untuk mendownload file wordpressnya kita bisa masukan perintah wget https://wordpress.org/latest.tar.gz.
Jika sudah kita akan ekstrak file wordpress yang sudah didownload dengan perintah tar -zxvf latest.tar.gz.
Pada kasus ini saya akan mengganti nama yang sebelumnya wordpress menjadi website2 dengan perintah mv wordpress website2 dan memindahkan folder website2 ke directory /var/www/html/ dengan perintah mv website2 /var/www/html/.
 
Kita akan mengubah hak akses pada directory website2 dengan perintah chown -R www-data:www-data /var/www/html/website2/ dan chmod -R 755 /var/www/html/website2/.
 
Konfigurasi Virtual Host.
Kita akan edit file website2.conf untuk membuat virtual host dengan masukan perintah nano /etc/apache2/sites-available/website2.conf dan masukan parametersnya seperti gambar dibawah ini.
Jika sudah kita aktifkan Virtualhostnya dengan perintah a2ensite website2.conf dan merestart server apache2 nya dengan perintah systemctl reload apache2.
 
Konfigurasi Wordpress.
Untuk konfigurasi awal kita bisa masukan perintah mv /var/www/html/website2/wp-config-sample.php /var/www/html/website2/wp-config.php.
 
Berikutnya kita edit file wp-confignya > Ubah database,user serta passwordnya sesuai dengan database yang sebelumnya kita buat,untuk memasuki directorynya bisa masukan perintah nano /var/www/html/website2/wp-config.php.Untuk mengubahnya atau editnya kita bisa lihat gambar dibawah ini.
Installasi Wordpress.
Untuk Installasi Wordpressnya kita bisa buka dibrowser > masukan pada url dengan http://ipaddress/folder_wordpress/. > kita pilih bahasa Inggris > klik Continue.
 
Pada bagian informasi,isi keterangan seperti dibawah ini > Klik Install Wordpress.
Klik Log in.
 
Kita masukan username dan passwordnya > klik log in.
 
Ini merupakan tampilan Dashboard Wordpressnya.
Ini adalah tampilan Website wordpressnya.

Oke itu saja cukup mudah bukan hehe,sekian dari saya bila ada yang ingin ditanyakan bisa coment dibawah sekian Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode