[MIKROTIK] Pengertian Interface VRRP (Virtual Router Redundancy Protocol). - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[MIKROTIK] Pengertian Interface VRRP (Virtual Router Redundancy Protocol).

Share This
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan ini saya akan membahas seputar VRRP pada Mikrotik,pasti penasaran kan hehe...

Kira kira VRRP itu seperti apa yah?
VRRP kepanjangannya adalah Virtual Router Redundacy Protokol,jadi perangkat ini didalamnya berhubungan dengan mikrotik dan jaringan komputer dan VRRP ini merupakan alat yang bisa digunakan sebagai gateway yang berasal dari jaringan lokal dengan segmen yang sama dan dengan cara interaksi dengan beberapa router tersebut dengan cara memanfaatkan Virtual Router ID.Untuk interface VRRPnya akan di pasang di IP address yang digunakan untuk gateway dari jaringan lokal yang tersedia.Lebih tepatnya VRRP itu protokol pemilihan yang menyediakan Availabelity tinggi untuk router,jadi sejumlah router dapat berpatisipasi dalam satu atau lebih router virtual,salah satu alamat IP Address Mungkin di tugaskan ke Router Virtual.

Metode Parameter dan Kualitas Layanan pada VRRP apa??
VRRP menggunakan 5 Parameter :
1.Downtime adalah untuk mengetahui seberapa lama waktu jaringan mengalami fail over dan mengetahui pengaruh pada sebuah sistem jaringan VRRP saat terjadi Link Failure.
2.Delay jadi tujuan delay adalah agar pengukuran kualitas layanan delay pada VRRP adalah untuk mengetahui rata rata jeda waktu antara paket data yang dikirimkan PC Server ke PC Client.
3.Troughtput Tujuannya agar VRRP mengetahui nilai bandwith sebenarnya uang dapat di alirkan oleh protokol VRRP serta efisiensi Troughtput ketika terjadi pemutusan Link antar VLAN dan LAN.
4.Retransmission Tujuannya pengukuran ini untuk mengetahui bahwa paket TCP merupakan paket yang handal yaitu memiliki fitur Retramission,ketika ada proses transmisi data terjadi paket yang hilang atau rusak maka akan segera di perbaiki dengan cara mengirimkan ulang paket data.
5.Packet Loss Tujuannya adalah untuk kualitas VRRP dean VLAN dan tanpa VLAN serta VRRP dengan pemutusan Link dan tanpa pemutusan Link,dan transmisi TCP dengan ukuran bandwith 20 Mbps,50 Mbps,100 Mbps tidak akan menghasilkan paket loss sama sekali.
Hasil gambar untuk VRRP
Lalu Cara Kerja VRRP seperti apa??
1.Virtual Router sebagai sebuah image router tunggal yang di ciptakan melalui operasi satu atau lebih router yang menjalankan VRRP.
2.Virtual Router ID disebut juga VRID adalah sebuah tanda pengenal numeris untuk sebuah virtual router khusus jadi VRID juga harus Unique pada sebuah segmen jaringan yang tersedia.
3.Virtual Instance adalah sebuah program yang menerapkan VRRP  yang running pada sebuah router,sebuah instance router tunggal VRRP bisa menyediakan kemampuan VRRP untuk lebih dari satu router Virtual.
4.Virtual Router IP merupakan sebuah pengalamatan IP yang berpasangan dengan sebuah VRID yang host lain nya bisa digunakan untuk mendapatkan layanan jaringan darinya.VRIP di kelola oleh VRRP Instance yang menjadi milik sebuah Virtual Router ID (VRID).
5.Virtual Mac Address adalah sebagai media yang menggunakan pengalamatan Mac Address seperti Ethernet,VRRP instance menggunakan sebuah alamat MAC yang sudah di tentaukan sebelumnya untuk semua operasi dari Virtual Router dari Router yang sebenarnya yang menyediakan fungsi routing jadi VMAC diturunkan dari VRID.
6.Master State merupakan sebuah instance VRRP yang melakukan fungsi routing untuk virtual router pada suatu waktu,jadi hanya satu master yang akan aktif pada suatu waktu untuk sebuah VRID yang di berikan dan master juga merujuk pada sebuah kondisi dari VRRP FS ketika VRRP instance sedang beroperasi sebagai Master yang sudah saya sebut sebelumnya adalah kondisi master state.
7.Backup State merupakan sebuah Instance VRRP untuk sebuah VRID yang aktif namun tidak dalam kondisi master,walaupun berapa jumlah backup bisa ada untuk VRID,backup siap untuk mengambil peran sebagai master jika master itu gagal,maka juga backup merujuk pada kondisi FSM VRRP ketika Instance VRRP sedang beroperasi sebagai Backup,yang disebut Backup state.
8.Owner Jika alamat IP virtual sama karena alamat IP apapun di konfigurasi pada sebuah interface dari router,jadi router tersebut adlah owner dari alamat IP Virtual Prioritas dari VRRP Instance ini ketika VIP Owner adalah 255,Nilai Tertinggi dansudah di pakai.
9.Priority adalah Nilai Prioritas yang akan diberikan untuk VRRP Instance yang berbeda sebagai cara untuk menentukan router mana yang akan mengambil peran sebagai master jika master saat itu gagal,Priority adalah angka dari 1 sampai 254 jadi 0 dan 255 sudah di pakai,semakin besar angka smakin tinggi di prioritaskan.

Lalu Keuntungan dari VRRP ini Apa?
Dengan adanya Virtualisasi dapat di peroleh utilitas yang lebih besar dari komponen fisik yang tersedia,VRRP ini bertanggung jawab menjalankan fungsi router Backup saat kondisi router master mengalami kegagalan jaringan lan dan VRRP ini bersifat Open Source,VRRP juga dapat di operasikan menggunakan Framework sistem operasi apapun seperti Linux,Sun solaris dan mikrotik RouterOS.VRRP ini juga mendukung berbagai platform jaringan yang berbeda contohnya multi packet label switch (MPLS),Virtual Private Network (VPN),VLAN dan lain lain.

Oke itu saja yang bisa saya sampaikan sekian dari saya bila ada kesalahan kata mohon di maafkan Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode