[MIKROTIK] Pengertian Interface GRE (Generic Routing Encapsulation). - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[MIKROTIK] Pengertian Interface GRE (Generic Routing Encapsulation).

Share This
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networkinb Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan di dunia.Pada postingan ini saya akan membahas materi GRE Tunnel,penasaran kan apa itu GRE Tunnel hehe.

Jika kita ingin mengetahui apa itu GRE Tunnel pastikan kita harus tau dulu nih apa itu Tunneling?Tunneling adalah dasar dari VPN untuk membuat suatu jaringan Private melalui jaringan Internet.Nahh tunneling juga merupakan encaplusasi atau pembungkusan suatu protokol ke dalam paket protokol kemudian Tunneling menyediakan juga suatu koneksi yang bernama Point to point logis sepanjang jaringan IP yang bersufat Connectionles.Jadi Tunneling itu memanfaatkan jaringan internet secara Privasi.Kenapa bisa disebut Tunnel??karena aplikasi yang memanfaatkan hanya melihat dua end point,jadi paket yang lewat melalui jalur Tunnel hanya melakukan satu kali lompatan Hop,Intinya Tunneling itu aman dan bersifat Privasi.

GRE Tunnel itu apa sih?
GRE itu kepanjangannya adalah Generic Routing Encapsulation merupakan sebuah Tunneling protokol yang di kembangkan oleh sistem cisco.Protocol ini tuh juga bisa melakukan yang namanya encapsulasi berbagai protocol yang sengaja dibuat untuk kebutuhan sebuah link PTP (Point to Point).
Lalu Point to Point itu apa?Kalo dalam jaringan ini tuh berguna sebagai data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan antara dua node jaringan.

Jelaskan Lebih Detail tentang GRE Tunnel?
Nah pertama GRE itu didefinisikan sebagai standar IETF (RFC 2784),kedua dalam header IP luar 47 itu digunakan dalam bidang protokol pada header GRE akan mengikuti terus yang ketiga GRE encapsulasi dari setiap osi layer 3 protocol,jenis protocol di definisikan dalam RFC 1700 sebagai "EtherTypes" lalu keempat GRE Stateless secara default tidak menyertakan mekanisme flow-control,kelima GRE heade yap bersama sama dengan header Tunneling menciptakan setidaknya 24 byte overhead tambahan untuk paket tunne,keenam GRE tidak menyertakan mekanisme ke amanan yang kuat untuk melindungi muatannya.
Hasil gambar untuk GRE Tunnel
Cara Kerja GRE Tunnel Seperti apa?
Jadi seperti yang tadi di bilang sebelum GRE menggunakan Protocol lain dengan cara encapsulasi,GRE juga dapat digunakan sebagai protocol pembawa untuk berbagai protocol penumpang dan GRE meencapsulasi muatan yang merupakan paket bagian dalam yang perlu disampaikan ke jaringan tujuan dalam paket IP luar,setelah mencapai titik terowongan GRE encapsulasi ini di hapus dan payload diteruskan ke tujuan.

GRE juga bisa di Over IP Sec loh..jadi IPsec atau Internet Protokol Security adalah serangkaian protokol yang di definisikan oleh IETF (Internet Engineering task Force) nahh jadi IP sec atau lebih tepatnya ip security adalah sebuah protokol yang digunakan untuk mengamankan transmisi datagram dalam sebuah internetwork TCP/IP.Apa itu IETF??IETF merupakan sebuah organisasi yang menjaring banyak pihak seperti induvidual maupun organisasi yang tertarik dalam pengembangan jarigan komputer dan internet,jadi IETF ini mengamankan pertukaran paket data melalui jaringan internet public.

3 Macam Protokol IPSec :
1.AH (Authentication Header) AH itu menawarkan authentikasi pengguna dan perlindungan dari beberapa serangan seperti serangan umumnya Man in the middle attack dan juga bisa menyediakan fungsi autentikasi terhadap data serta integritas data.
2.ESP (Encapsulation Security Payload) merupakan protokol yang meencapsulasi serta enkripsi terhadap data pengguna untuk meningkatkan kerahasiaan data,ESP itu juga dapat memiliki skema autentikasi dan perlindungan dari beberapa serangan dan dapat digunakan secara sendirian atau bersamaan AH,Informasi mengenai ESP dimasukan ke dalam Header paket IP yang akan dikirimkan.
3.IKE (Internet Key Exchange) ini merupakan protokol yang dinamis yang bisa menghasilkan dan mendistribusikan kunci kriptografi untuk AH dan ESP.

Lalu Keuntungan Menggunakan GRE Tunnel apa?
Jadi Keuntungan dari GRE Tunnel ini yang pertama dapat membawa trafik multicast yang dibutuhkan pada routing protokol yang kedua TTL (Time to Live) pada GRE Tunnel tidak akan berkurang sampai paket hingga sampai ketujuanya trs yang ketiga Hop Count antara router yang memiliki Tunnel menjadi 1.

Kekurangan Menggunakan GRE Tunnel?
Kekurangannya yaitu GRE Tunnel itu sama seperti VPN yaitu masalahnya keamanan karena penggunaan IP Public yang sangat rentan.

Oke itu saja yang bisa saya jelaskan dan sampaikan sekian dari saya Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode