[LAB 9][MIKROTIK] Konfigurasi User Mikrotik Management - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[LAB 9][MIKROTIK] Konfigurasi User Mikrotik Management

Share This

logo%2Bmikrotik

Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan di dunia.Pada postingan kali ini saya akan membahas seputar Router Mikrotik yaitu konfigurasi user pada mikrotik.

Memang,fungsi user pada mikrotik itu apa ?
Seperti yang telah banyak kita ketahui bahwa MikroTik adalah sebuah perangkat router yang memiliki banyak fungsi dan fitur didalamnya.Dan dengan sebuah fitur Radius yang ada di MikroTik yaitu User Manager, kita bisa membangun sebuah hotspot service yang bisa membuat sistem voucher login untuk User.

Software yang dibutuhkan :

tik-app-logo

Group di user Mikrotik : Sebelum kita konfigurasi user mikrotik alangkah baiknya kita harus tau hak akses di setiap user di mikrotik.

1.Full.

User dengan group ini bisa melakukan konfigurasi pada router dan bisa dikatakan sebagai Administrator.


2.Write.
User write ini sama seperti user Full perbedaanya user ini tidak bisa menambahkan user baru dan melakukan reset configuration pada router.

3.Read.
Kalo user Read itu hanya bisa melihat hasil konfigurasinya saja tanpa bisa mengubah hasil konfigurasi.

Oke langsung kita mulai konfigurasinya :

Pertama kita masuk ke menu system > pilih user,karena kita akan membuat user baru.



Jika sudah kita klik tanda + atau kita akan menambahkan user baru > untuk Name silakan kalian isi sesuka kalian,untuk group kalian pilih read karena kita akan membuat group user read > jika kalian ingin memberi password silakan masukan password di kolom password > klik apply dan ok.



Kita akan membuat user full untuk Name kalian isi sesuka kalian > untuk Group kalian pilih full karena kita akan membuat user full > jika kalian ingin menambahkan password silakan isi dikolom passsword > klik apply dan ok.



Kita akan membuat user write jadi untuk Name kalian isi sesuka kalian > untuk Group kalian pilih write > dan jika ingin memasukan password silakan isi di kolom password > klik apply dan ok.



Ini merupakan tampilan user yang sudah dibuat tadi.



Oke itu saja konfigurasinya cukup mudah kan hehe,jika ada kesalahan step silakan coment di bawah sekian Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode