[LAB 7][MIKROTIK] Konfigurasi Hotspot di Router Mikrotik - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[LAB 7][MIKROTIK] Konfigurasi Hotspot di Router Mikrotik

Share This

logo%2Bmikrotik

Assalamualaikum.wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas seputar IT di Indonesia dan di dunia.Pada kesempatan ini saya akan membagikan tutorial menyetting hostpot di router mikrotik.


Kebanyakan orang menyebut jika terdapat akses internet yg di sebarkan via wireless di public area (cafe,mall,dsb) itu adalah layanan Hotspot, Sedangkan sebenarnya Hotspot di Mikrotik adalah sebuah system untuk memberikan fitur autentikasi pada user yang akan menggunakan jaringan.

Oke persyaratan yang dibutuhkan :
  • Winbox.
Hasil gambar untuk logo winbox

Oke langsung saja kita mulai tutorialnya :

Sebelum masuk ke konfigurasi alangkah baiknya kita setting terlebih dahulu di interface wlannya menjadi AP agar hotspot yang kita buat bisa terdeteksi.
Pertama kita akan membuat fitur hotspot dengan masuk ke menu IP > Hostspot > Hostspot setup.


Jika sudah kita akan disuruh menentukan interface mana hostspot akan aktif,kalo saya di tentukan di interface wlan1 karena pada interface wlan1 sudah saya setting acces point (AP) > klik next.


Kemudian pada tahap ini kita sudah dapat ip address yang ada di wlan1,jika ip blm otomatis terisi kita bisa isi secara manual > klik next.


Kita akan tentukan range ip address yang mana nantinya akan diberikan kepada user yang terhubung ke wifi kita,secara defaultnya kita akan dapat otomatis range ip sesuai dengan prefix di interface > klik next.


Kita akan nentukan SSL Certificate disini saya pilih none karna saya tidak memiliki certificate,tetapi jika kalian punya kalian bisa pilih sebaliknya > klik next.


Disini saya biarkan default yaitu 0.0.0.0 karena tidak disediakan smtp server > klik next.


Disini kita akan tentukan DNS server,disini saya isikan DNS Google ,atau kalian mau isi DNS ISP yang kalian pilih terserah kalian > klik next.


Kita akan diminta untuk memasukan nama DNS untuk local hotspot server,yang mana nantinya jika kita sudah memasuki tampilan maka kita akan diarahkan ke DNS yang sudah kita buat tadi > klik next.


Langkah terakhir kita akan memasukan user dan password wifi yang kita buat  > klik next.


Dan jika kalian sudah membuatnya maka tampilannya akan muncul seperti gambar di bawah.


Sekarang kita coba koneksikan wifi yang sudah kita buat tadi.


Dan ini adalah tampilan login wifi dan bisa dilihat kita sudah diarahkan ke DNS yang tadi kita buat.


Suda selesai cukup mudah bukan hehe,bila ada step yang salah bisa coment di bawah.Sekian terima kasih Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode