[LAB 4][WINDOWS] Konfigurasi VPN Server - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[LAB 4][WINDOWS] Konfigurasi VPN Server

Share This
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas perkembangan dan informasi seputar IT di Indonesia dan didunia.Pada postingan kali ini saya akan membahas materi Windows Server 2012 yaitu Konfigurasi VPN Server di Windows Server 2012.

Emngnya,VPN itu apa sih?
VPN (Virtual Private Network) merupakan kumpulan komputer yang terhubung secara fisik dan dapat berkomunikasi antara satu dengan lainnya dengan menggunakan aturan tertentu.

Software yang dibutuhkan :

1.VirtualBox.

 Hasil gambar untuk virtualbox
Berikut adalah konfigurasinya :

Tahap Installasi.

1.Pertama pastikan kalian sudah install windows server 2012 di mesin virtualbox kalian > jalankan mesinnya dan masuk ke dashboard > klik manage > pilih Add Roles and Features.


2.Akan muncul tab wizard > di tab wizard ini  kalian harus memiliki account password yang kuat dan sebagaianya > klik next.


3.Type installasi yang kita pilih adalah "Role-based or features-based installation" agar pada saat konfigurasi yang akan dibuat pada server adalah konfigruasi single server > klik next.


4.Disini kita pilih server mana yang ingin kita install featurs dan kita pilih " Select a server from the server pool" > klik next.


5.Karena kita akan membuat VPN jadi ktia akan ceklis Remote akses yang mana remote ini digunakan untuk mengakses vpn server nantinya > klik next.


6.Karena kita tidak perlu tambahan features jadi kita lewatkan saja > klik next.

 

7.Tab ini merupakan sedikit deskripsi tentang remote acces yang akan diintergrasikan pada vitur vpn dan web proxy > klik next.


8.Pada Remote acces terdiri dari 3 service yang akan disediakan :
  1. DirectAccess and VPN(RAS)
  2. Routing
  3. Web Aplication Proxy
 Karena kita akan membuat VPN jadi kita pilih VPN dan Routing agar routing diperlukan untuk menambahkan network private yang ada pada server kemudian dikoneksikan melalui vpn lewat client > klik next.


9.Disini adalah informasi tentang RAS,Remote Acces,Remote server Administrasi tools yang akan kita install dan pastikan ceklis "Restart the destination..." yang mana nantinya akan merestart otomatis jika installasi selesai > klik Install.


10.Dan proses installasi sudah selesai > klik Close.


Tahap Konfigurasi.

1.Kita kembali ke Dashboard > klik Tools > pilih Routing and Remote Access.


2.Kita lihat tanda pada server masih warna merah yang berarti VPN masih belum aktif > klik kanan pada server > pilih "configure and enable routing..." untuk mengaktifkan fitur remote access.


3.Akan muncul tab wizard > disini berisi deskripsi tentang routing and remote acces > klik next.


4.Pada tahap konfigurasi ada beberapa type :
  1. Remote accces (dial-up or VPN)
  2. Network address translation (NAT)
  3. Virtual private network
  4. Secure connection between..
  5. custom configuration
Kita akan pilih "Virtual private network..." untuk melanjutkan konfigurasinya > klik next.


5.Pilih interface yang terkoneksi ke internet > klik next.

 

6.Kita pilih spesifikasi ip address yang akan diremote nantinya > pilih Automically karena saya menggunakan IP DHCP server untuk menetapkan alamat IP pada masing-masing server > klik next.


7.Jika kita ingin menggunakan radius kita pilih "yes" > karena kita menggunakan routing untuk koneksinya jadi kita pilih "NO" > klik next.


8.Pada tahap ini konfigurasi VPN sudah selesai > klik finish untuk mengakhiri konfigurasinya.


9.Jendela routing dan remote acces sudah aktif dnegan tanda merubah warnanya jadi hijau.


10.Kita akan membuat dan menambahkan services dan port baru pada RDP > klik NAT > pilih interface yang terkoneksi ke internet > akan muncul tab dan kita pilih bagian service and ports > kita beri centang kepada service yang telah ditandai > klik add.


11.Kita beri nama RDP Service saja > kita beri incoming port contohnya 100 > private address sesuaikan IP server > outgoing port kita masukan 100 saja > klik ok.


12.Kita tambahkan interface dengan klik kanan pada tab > pilih new interface untuk membuat interface baru.


13.Akan muncul tab NAT > pilih Public Interface > dan beri centang pada "enable NAT...".


14.Pindahkan ke tab Service and ports > Scroll sampe kebawah dan beri centang pada RDP Service aga kita bisa meremote > klik ok.


Tahap Membuat User

1.Kita masuk ke Dashboard > klik tools > pilih Computer Management.


2.Kita tambahkan user baru di "local users and grups" > pilih user dan klik kanan > pilih new user >masukan  username dan password > ceklis password never expires > klik Create.


3.Kita akan aktifkan user permissionnya sehingga bisa akses VPN > klik kanan pada user yang baru kita buat > pilih properties > masuk ke tab Dial-IN > untuk network acces permission kita pilih "Allow acces" > klik ok.


Tahap Verifikasi

Nah ditahap inilah konfigurasi kalian akan diuji.

1.Saya akan uji lewat client dengan menggunakan windows 10 > kita buatlah koneksi baru lewat vpn.


2.Kita isi data berikut seperti gambar dibawah bisa kalian menyesuaikan yah > klik save.


3.Jika sudah terbuat klik connect untuk mengkoneksikan VPN.


4.Pastikan bahwa sudah terhubung keVPN dan statusnya connected yah.


5.Pastikan juga lewat jalur VPN ip address dan client satu network dengan ip yang terdapat pada private server > kita buka CMD > kita ketikan perintah ifconfig > dan perhatikan bahwa ada interface VPN yang sudah terhubung dan mendapatkan ip address 192.168.56.120 artinya kita sudah satu network dengan ip server.


6.Sekarang kita coba lewat remote desktop > cari remot desktop di client dan buka.


7.Dan kita masukan ip server > klik connect.Jika kalian gagal coba untuk mematikan firewall si server dan coba kembali.


8.Masukan username dan password > klik ok.


9.Akan muncul pop-up yang mana mengjinkan jalur tersebut untuk dihubungkan melalui jalur vpn > klik yes untuk melanjutkan.


10.Bukti bahwa sudah terhubung.


Sudah selesai cukup gampang kan hehe.Bila ada kesalaham step atau ada yang ingin ditanyakan bisa lewat coment dibawah yah.Wassalamualaikum.Wrb.


No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode