[LAB 4] [WINDOWS] Konfigurasi FSRM Windows Server 2012 : Screening - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[LAB 4] [WINDOWS] Konfigurasi FSRM Windows Server 2012 : Screening

Share This
Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas tentang perkembangan dan informasi seputar IT di Indonesia dan di dunia.Oke,pada postingan kali ini saya akan membahas tentang materi Windows Server 2012 lebih tepatnya Konfigurasi FSRM Windows Server 2012 : Screening.

Emng FSRM : Screening itu apa sih?
Screening merupakan fitur filtering yang ada pada FSRM,screening akan sangat berguna jika sebuah perusahaan besar memiliki kapasitas hardisk yang besar akan tetapi penggunaan kapasitas hardiskitu tidak sesuai dengan pekerjaanya,seperti film,musik,vidio,gambar,dll.Screening juga akan memilih file mana yang di perbolehkan masuk maupun yang tidak.

Software yang di butuhkan :

1.Virtualbox

Hasil gambar untuk virtualbox

Berikut adalah step konfigurasinya :

1.Pertama kita masuk ke Service manager > kita buka tab tools >kita pilih File Server Resource manager.


2.Pada tahap sub menu file screening management > kita pilih "file groups" > klik kanan untuk membuat file group.


3.Pada bagian "file group" > kita isikan name file group sesuai keinginan masing-masing.

Pada bagian "Include" merupakan tipe ekstensi file yang tidak di perbolehkan masuk dan file bagian "exclude" sebaliknya yaitu file ekstensi yang di perbolehkan masuk.

 

4.Dan ini adalah tampilan file group yang sudah terbentuk/kita buat tadi.
 

5.Kemudian,kita akan menuju submenu file screening management > klik kanan pada "file screen template" > kita pilih "create screen template" karena kita akan menambahkan template baru.


6.Pada tahap tab setting > kita isikan nama template sesuai yang kalian inginkan di bagian Template name.Pada screening type > kita pilih "Active screening" supaya file diblok tidak akan di perbolehkan masuk.

Kemudian "passive screening" itu berfungsi untuk jika file yang di blok tetap di perbolehkan masuk,dan biasanya passive screening ini di gunakan pada monitoring file yang masuk saja loh > dan untuk file groups kita pilih nama file group yang sudah kita buat sebelumnya.


7.Pada tahap tab "event log" > kita ceklis "send warning to event log" supaya laporan aktivitas file langsung di catat dan di masukan ke event log.


8.Ini adalah tampilan Warning template yang sudah terbentuk.



9.Jika sudah terbentuk > kita menuju "file screening management" > klik kanan pada "file screen" > pilih "create file screening" karena kita akan menambahkan konfigurasi file screening baru.


10.Pada tahap tab "Create file screening" > kita pilih folder untuk di filter pada bagian "file screen path" > klik browse untuk memilih/membuat folder.Dan jangan lupa ceklis pada "Derive properties from..." > kita pilih screen template yang sudah kita buat sebelumnya > ini diperuntukan supaya konfigurasi file screen mengambil properties yang di butuhkan dari screen template yang sudah di buat/sudah ada.
 

11.Ini adalah tampilan File Screen yang sudah di buat/terbentuk.

 

TahapVerifikasi

Ini adalah tahap dimana segala konfigurasi di uji keberhasilannya.

1.Disini saya akan menyalin file yang berekstensi dll.Seharusnya file yang ber-ekstensi itu dapat di perbolehkan masuk > dan hasilnya sesuai dengan konfigurasi sebelumnya bukan yang mana file yang di perbolehkan masuk hanya ekstensi dll.


2.Dan disini saya akan menyalin file yang berekstensi inc,yang mana file ini tuh tidak di perbolehkan masuk > Dan hasilnya pun sesuai dengan konfigurasi bukan.



Itu saja konfigurasinya tentunya sangat mudah bukan hehe.Jika ada kesalahan step atau ada kekurangan kalian bisa menyaranakan di coment dan jika ada yang ingin di tanyakan bisa lewat coment.Semoga ilmu kalian bermanfaat yah.Sekian Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode