[FREENAS] Installasi FreeNas 11.2 via VirtualBox - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[FREENAS] Installasi FreeNas 11.2 via VirtualBox

Share This

 


Assalamualaikum.Wrb.
Hallo kawan selamat datang di blog Networking Indonesia yaitu blog yang membahas tentang perkembangan dan informasi seputar IT di Indonesia dan di dunia.Pada postingan ini saya akan membahas materi FreeNas lebih tepatnya Installasi FreeNas via Virtualbox.


FreeNas itu apa sih ?

FreeNAS adalah perangkat penyimpanan berbasis jaringan gratis dan sumber terbuka (NAS) berdasarkan FreeBSD dan sistem file OpenZFS. Ini berlisensi di bawah ketentuan Lisensi BSD dan berjalan pada komoditas hardware x86-64. FreeNAS mendukung klien Windows, macOS dan Unix dan berbagai host virtualisasi seperti XenServer dan VMware menggunakan protokol SMB, AFP, NFS, iSCSI, SSH, rsync dan FTP / TFTP. Fitur-fitur Advanced FreeNAS termasuk enkripsi full-disk dan arsitektur plug-in untuk perangkat lunak pihak ketiga.

Software yang di butuhkan :

1.VirtualBox.

 Hasil gambar untuk logo virtualbox
2.File iso freenas 11.2.
Jika ingin downlaod kalian bisa klik disini.

Berikut adalah step by step konfigurasinya :

1.Pertama pastikan kalian sudah pasang FreeNas di VirtualBox > setelah pasang kalian jalankan mesin FreeNasnya,ketika proses booting selesai kita akan masuk menu freenas >  kita tekan enter saja maka otomatis mesin FreeNas akan install.


2.Kita pilih Install/Upgrade untuk memulai Installasinya.


3.Untuk installasi FreeNas sangat direkomendasikan dengan RAM 8 GB di laptop kalian tapi jika kalian tidak memiliki RAM 8 GB kalian bisa lanjutkan saja > klik yes.


4.Kita akan memilih hardisk yang akan digunakan dalam proses installasi,untuk menandakan hardisk kita tekan spasi pada hardsik > jika sudah tekan ok.


5.Akan muncul pemberitahuan jika hardisk akan di hapus datanya > klik yes untuk melanjutkan proses installasi.


6.Kita berikan password untuk login pada saat masuk web FreeNas > tekan ok.


7.Pada tahap ini kita akan diberitahu,apakah kita ingin proses boot FreeNAs via Uefi atau via Bios.Disini kita pilih via Bios yah > tekan enter.


8.Tunggu proses booting proses booting memang agak lama sekitar 5 menit an > jika sudah kita shutdown systemnya.


9.Dan kita jalankan lagi mesin FreeNas nya dan Pastikan Cd iso yang kalian pasang di lepas yah agar proses installasi tidak terulang lagi > jika sudah kita akan diarahkan ke menu console FreeNas > kita akan pilih 1 untuk kita atur Network Interfacenya.


10.Pada tahap ini kita akan jawab pertanyaannya sesuai seperti tabel di bawah yah > dan kalian atur ip addressnya sesuka kalian.


11.Dan kita akan akses FreeNas nya melalui Client dan pastikan jika ingin akses lewat client kita atur Network Interface mesin nya host-only dan Kita atur Ip addressnya sesuai ip address mesin server FreeNas > jika sudah di atur kita klik ok.


12.Kita akan akses FreeNas melalui web browser dan pada saat di web browser kita masukan ip server FreeNas > jika sudah kita masukan username dan password untuk login.


13.Dan inilah tampilan dashboard FreeNas.


Cukup gampang kan hehe .Bila ada kesalahan step atau ada yang ingin di tanyakan bisa lewat kolom komentar yah.Pastikan ilmu kalian bermanfaat bagi orang lain.Wassalamualaikum.Wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode