[Networking] Setting DNS dengan Cisco Packet Tracer - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[Networking] Setting DNS dengan Cisco Packet Tracer

Share This


Setting DNS dengan Cisco Packet Tracer

Assalamualaikum.wrb Hayy selamat datang di blog saya, selamat pagi/siang/sore/malam sesuai kalian yang membacanya pada pertemuan di blog ini saya akan membagikan tutorial Cara Setting DNS dengan Cisco Packet Tracer.Sebelumnya jangan bosen-bosen ya baca blog saya agar ilmu kalian bisa bertambah hehe yasudah.


Langsung saja ya Cara Setting DNS Server Dengan CISCO Packet Tracer


1. Buat setingan seperti gambar di bawah ini:
    -Ambil 3 buah PC, 1 buah Switch, dan 1 buah Server.
    -Hubungkan dengan kelima elemen tersebut dengan kabel Straight yang berwarna hitam seperti di             gambar.
2. Seting IP address dari server seperti gambar dibawah
   - Klik Server.
   - Pilih tab Desktop.
   - Pilih IP Configuration.
   - IP Adress 192.168.1.23
   - Subnet Mask 255.255.255.0


3. Seting DNS Server seperti gambar dibawah
    - Pilih tab Services lalu di sebelah kiri pilih bagian DNS.
    - Untuk pilihan DNS server pilih ON.
    - Pada bagian Name masukan nama domain yang di inginkan, disini saya tulis "mhmdhmzh.net".
    - Lalu masukan IP address server yang tadi telah kita tentukan.
    - Klik Add, keterangan akan muncul di bawah seperti gambar dibawah ini.


4. Atur masing masing IP Address dan masukan IP DNS server yang tadi di buat untuk ketiga PC.

- Klik PC, lalu pilih tab Desktop.
- Buka IP configuration.
- Tentukan IP configuration untuk pc (untuk IP pc diharapkan sama kelasnya dengan IP Server, yaitu IP kelas C)
- Lalu di bagian  DNS Server masukan IP DNS Server yang dibuat tadi, disini IP server saya itu 192.168.1.23

Lakukan cara ini di ketiga PC. Misal:

PC pertama dengan IP 192.168.1.1


PC kedua dengan IP 192.168.1.2


PC ketiga dengan IP 192.168.1.3 


5. Setelah selesai, cara mengecek apakah sudah benar DNS servernya adalah dengan cara buka web browser di masing2 PC lalu ketik domain/IP DNS Server di Address bar, bila berhasil akan meload halaman seperti di gambar.

PC 1 Domain


PC 1 IP Address


Dan Cobalah cara berikut kepada 3 PC yang sudah di setting tadi.

Oke itu saja Tutorial dari saya cukup mudah bukan hehe terima kasih sudah mau membaca blog saya semoga ilmu kalian bisa bertambah aamiin.Cukup sekian dari saya wassalamualaikum.wrb.

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode