[TLJ] Konfigurasi Voip dengan menggunakan 2 router - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[TLJ] Konfigurasi Voip dengan menggunakan 2 router

Share This
Assalamualaikum.wrb
Halo kembali lagi di blog saya selamat pagi/siang/sore/malam sesuai kalian yang menjawabnya oke pada pertemuan kali ini saya akan membahas materi tentang TLJ yaitu Teknologi Layanan Jaringan yang lebih jelas nya saya akan membuat Voip dengan menggunakan 2 router.
Bahan-bahan yang di perlukan :

  • PC
Hasil gambar untuk pc
  • Cisco Packet Tracer
Hasil gambar untuk cisco packet tracer logo



Oke langsung masuk langkah-langkahnya :

Sebelumnya kita buat topologinya seperti ini :
Dan kalian sambungkan kabel adapternya terhadap IPphone :



Lalu kita konfigurasi yang pertama terhadap SWITCH 1


Masukan Perintah di bawah ini :


Setelah itu kita konfigurasi terhadap ROUTER 1
Masukan perintah :














Setelah itu kita langsung konfigurasi di SWITCH 2

Masukan Perintah : 















Sudah cukup konfigurasinya cukup mudah bukan hehe nah langsung saja kita tes apakah ip phone di router 1 tersambung ke ip phone di router 2.

Disini saya mencoba telfon dari ipphone 3 yang berada di router 1 ke ipphone 20 yang berada di router 2.
Cara menelfonnya adalah masukan nomor telfon/ipphone yang di tuju lalu klik gagang telfon jika ada bacaan ring out berarti sudah berhasil.



Oke itu saja konfigurasinya terima kasih sudah membaca blog saya bila ada yang salah mohon di maafkan ya .yaudh sampai ketemu di blog blog selanjutnya assalamualaikum.wrb
















No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode