[TLJ] Teknologi Komunikasi Data dan Suara. - Bahrian Network

bahriannetwork.id

Post Top Ad

[TLJ] Teknologi Komunikasi Data dan Suara.

Share This

 


Assalamualaikum.wrb

Halo guys welcome back to myblog ,pada blog ini saya akan men-share/membagikan tentang aspek-aspek tekonologi komunikasi data dan suara.
Komunikasi itu apa sih ?
Komunikasi adalah adalah suatu aktivitas penyampaian informasi, baik itu pesan, ide, dan gagasan, dari satu pihak ke pihak lainnya. Biasanya aktivitas komunikasi ini dilakukan secara verbal atau lisan sehingga memudahkan kedua belah pihak untuk saling mengerti.

Ini adalah satuan bit dalam komunikasi data :

Komponen-komponen penting yang menyusun system komunikasi data, antara lain : 
o Komputer untuk memproses data. 
o Terminal atau peralatan masukan/keluaran untuk megirimkan atau menerima data. 
o Media transmisi (media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima). Media transmisi      sering juga disebut saluran komunikasi 
o Prosesor komunikasi, yang mendukung pengiriman atau penerimaan data via media transmisi. 
o Perangkat lunak yang mengontrol kegiatan pertukaran informasi. 

Macam isyarat :
Data/informasi yang disampaikan melalui media transmisi terwujud isyarat listrik. Macam isyarat yang melalui media tersebut dapat berupa : 

Isyarat Analog 
Isyarat analog bisa juga disebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. 
Dua parameter/ karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog, yaitu amplitude dan frekuensi. Jika dikaitkan dengan suara, ketinggian gelombang ditentukan oleh amplitudo, yang menentukan keras tidaknya suara, sedangkan frekuensi menentukan jumlah siklus gelombang dalam satu detik, yang berimplikasi pada kenyaringan suara (melengking atau tidak). 

Isyarat Digital 
Isyarat digital biasa juga disebut isyarat diskret. Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit. 
Keadaan 1 diperoleh dengan mislanya dwakili oleh tegangan + 5 volt dan keadaan 0 diwakili oleh 0 volt. Bit merupakan istilah khas pada isyarat digital.Sebuah bit dapat berupa nilai 0 (nol) atau 1 (satu).

Prosesor Komunikasi 
  • Prosesor komunikasi adalah peranti yang bertindak untuk melewatkan data/informasi ke media transmisi atau menerima informasi dari media tranmisi. 
  • Sebagai contoh, modem (modulatordemodulator) adalah peranti yang memungkinkan data digital dalam pada bagian pengirim dapat dilewatkan ke media transmisi yang bersifat analog dan mengkonversi data  analog yang berasal dari media transmisi menjadi data digital pada bagian penerima. 
  • Pada modem, bagian yang melakukan perubahan dari bentuk digital ke analog, disebut modulator dan bagian yang melakukan perubahan dari bentuk analog ke digital disebut demodulator. 
Komunikasi audio/suara.

Komunikasi audio/suara adalah komunikasi yang menggunakan frekuensi radio sebagai media pengiriman data, data yang dikirimkan berupa suara yang kemudian diubah menjadi sinyal radio dan diterima receiver untuk kemudian diubah lagi menjadi suara lewat bantuan speaker. Contoh komunikasi audio adalah; telepon rumah, radio, dan perangkat HT.  Audio dalam sistem komunikasi bercirikan video, sinyal elektrik digunakan untuk membawa unsur bunyi. Istilah ini juga biasa digunakan untuk menerangkan sistem-sistem yang berkaitan dengan proses perekaman dan transmisi yaitu sistem pengambilan/penangkapan suara, sambungan transmisi pembawa bunyi, amplifier dan lainnya. 

Perangkat Audio 
  •  Audio CODEC : melakukan fungsi kompresi sinyal audio untuk penghematan bandwidth 
  • Audio Controller : melakukan fungsi kontrol terhadap pengaruh akustik yang tidak dikehendaki dari speaker terhadap mikropon seperti suara mencuit, echo dan lain-lain. 
  • Mikropon & Speaker : merupakan perangkat input/output dalam sistem audio.
Oke terima kasih sudah mau membaca blog saya semoga bermanfaat bagi kalian semua ya.
Sekian,wassalamualaiku.wrb.

BY:
Hasil gambar untuk teknologi komunikasi data dan suara

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

Pages

Night Mode